23.11.18

Gaya Hidup 👉 Simak Hingga Habis

Baca sampe abis....✔
Dulu waktu gaji 1.2jt an. Hp cukup Nokia 3310, yg penting bisa kring.
Motor matic Honda dudah top  antar kemana mana.
Biar cuma kos petak 3x3 300 rbu perbulan serasa surga dunia.

Maitua rajin masak dirumah, kalo pulang kuah asam dan kopi sudah siap dimeja.

Hidup tetap berjalan dan tetap happy meski sederhana.

1 tahun kemudian gaji sudah 5 jutaan. Maitua minta hp biar tik tok lebe enak, kalo ada apa2 gampang telpon.

Honda matic harus jual karna kurang keren ganti Honda Tiger, bayar angsuran 500rb perbulan nda apa2 yg penting tren.

Dari Kos pindah ke kontrak rumah  bayar 700 ribu, tambah perabot rumah so lebe banyak jadi rumah sesak.

Maitua so mulai malas masak, karna KFC dan Mc Donal lebih enak dan praktis.

Hidup tetap berjalan, happy dan mulai timbul angan angan suka ini suka itu kalo papa pe gaji naik ulang.

Lima tahun kemudian gaji so 8 jutaan.

Hp jadul harus ganti dgn yg touchscreen, nokia melayang ganti Samsung keluaran terbaru yang android seri A sampe Z.

Honda Tiger so ndak cocok lagi wajib ganti Ninja biar lebe gaul kata.

Ba utang ndak apa apa kan gaji naik terus.
Rumah pindah di cluster biar KPR 20 th perbulan 1.8, jutaan.

Pola makan so sama deng artis wisata kuliner.
KFC ndak kelas, sekarang minimal Solaria, Pizza hut, Wisata bahari, Seven, Casa basingga dll yg depe menu aneh2.

Ada chicken mozarela, chicken cordonblue, tuna melt,  juga ikan garam keju. ha ha ha.

Hidup terus berjalan, happy mar so nyut nyutan bayar utang,

Dulu ndak pernah bakalae dg istri sekarang so mulai cek cok urusan ba ator doi.

So mulai ada visi hidup sebagai orang kaya baru..... jiaaahahahahah.

Lima tahun kemudian gaji 15juttaan.

Digarasi so ada XENIA.
Utang di Lesing 3,1jt per bln x 4th, biar istri rupa berat tapi papa bilang ndapapa.
Ma, papa le butuh challenge/tantangan yg lebe supaya semangat kerja" Atorrrr,,,,
Hmmm mama p dompet sekarang lebe tebal, depe isi mandiri credit card, BNI credit card, BCA credit card dan kartu pegadaian....hahaha.

Ternyata makin tinggi gaji makin banyak torang pe mau.

Ternyata doi bisa merubah segalanya.
Ternyata berapapun doi yang torang punya ndak akan pernah mampu mencukupi nafsu duniawi.

Padahal biar torang  pe doi banyak, pilihan untuk dikendalikan atau mengendalikan doi tetap ada pada torang pe diri.

Padahal torang  tetap bisa punya penghasilan tinggi mar tetap sederhana.

Padahal torang masih boleh tercukupi walau pake HP yg sederhana sekalipun.

Padahal torang le tau apapun yg torang makan depe hasil Tetap berwarna kuning kehangat hangatan. Hahahaha.

Jang malu hidup sederhana karna sederhana itu sikap hidup bukan pelit.

Jang malu makan masakan istri karna lebe sehat, bersih dan bergizi.

Baca Juga: MANFAAT AIR NANAS PANAS BAGI KESEHATAN ATASI KANKER dan TUMOR

Jang malu ndak ada kartu kredit.
Karna pengguna kartu kredit kebanyakan pake karna ndak ada doi cash.

Jangan diperbudak oleh trend, hp, motor dan oto karna stiap hari tetap ada yg model baru.

Ingat..!!
Berlebih lebihan itu temannya setang

Ingat...!! Tuhan mengajarkan torang for hidop sederhana dan berbagi.

Jadi kaseh biasa tu berbage kebahagian yang torang peroleh dengan keluarga deng birman.

Deng selalu torang inga klo torang pande bersyukur maka Tuhan mo tambahkan berkat yang torang peroleh.

Saat torang mati nanti...!!! hanya catatan amal deng perbuatan yg akan dikoreksi, sedangkan  catatan harta kekayaan hanya mo jadi pertanyaan akhir for torang, dari mana torang  dapa deng for apa torang da gunakan.

#Shareit

Renungan khotbah Kristen
ARTIKEL RENUNGAN MOTIVASI Updated at:

22.11.18

Kubu Prabowo Usul Gaji Guru 20 Juta

Kubu Prabowo Usul Gaji Guru 20 Juta, Bercanda atau Serius?

Suatu usul tentang sesuatu hal dalam pendapat, barangkali hal yang wajar dan tidak ada yang salah.
Namun ketika sebuah usulan yang terlihat terlalu berlebihan, terkadang menjadi pertanyaan yang perlu dibuktikan, mungkinkah hal tersebut bisa di realisasikan dalam masa pemerintahan dalam waktu dekat?

Mungkinkah usulan tersebut sebuah becandaan atau justru serius, tentu hanya yang mengucapkan bisa menjawabnya.

Seperti halnya Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Mardani Ali Sera, belum lama ini mengusulkan tentang gaji guru di Indonesia agar naik menjadi 20 juta. Untuk pendapat banyak masyarakat, hal ini seperti sebuah ucapan yang bercanda atau seriusan? Sama hal yang saya pikirkan juga.

Usulan Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Mardani Ali Sera tentang naiknya gaji guru tersebut di Indonesia, menurutnya agar guru memiliki kualitas terbaik di seluruh dunia mau datang ke Indonesia untuk melamar dan mengajar menjadi guru. Jadi peluangnya untuk siapa usulan gaji tersebut?

Saya kira usulan ini mungkin saja untuk menarik pengajar yang berasal dari luar negeri untuk memberikan pendidikan di sekolah, jika membaca penyataan atau usulan tersebut. Dari sambungan kalimat tersebut, warga negara Indonesia akan mendapat posisi sebagai kepala sekolahnya. Hmm...

"Lalu untuk kepala sekolahnya disiapkan dari kita (Indonesia). Karena itu perbaikan utama mau tidak mau gaji guru dinaikkan menjadi Rp20 juta, diseleksi dengan baik gurunya," kata Mardani, Jakarta, Selasa (20/11).

Tanggapan Kubu Jokowi

Menanggapi usulan yang dikatakan Tim pemenangan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengusulkan gaji guru di Indonesia naik menjadi Rp20 juta. Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin, Johnny G Plate mengatakan usulan Mardani Ali Sera soal kenaikan gaji guru hingga Rp20 juta merupakan janji kampanye yang lucu.

Tanggapan Prabowo

Sementara itu, Prabowo Subianto saat bertemu dengan media dan di tanya soal usulan Jubir Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Mardani Ali Sera, menjanjikan kenaikan gaji guru hingga Rp 20 juta. Prabowo malah mempertanyakan janji tersebut.

"Kenaikan ini, kenaikan itu, uang dari mana gitu lo," kata Prabowo kepada wartawan di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Prabowo justru mempertanyakan untuk sumber dana yang akan digunakan sebagai anggaran gaji guru tersebut. Sebelum menutup tanggapannya, Prabowo mengungkapkan bahwa malah akan membuat utang Indonesia makin bertambah.

Secara pribadi saya tak habis pikir jika menyimak penyataan timses kubu masing-masing yang sepertinya asbun jika ingin menarik simpati  masyarakat, namun memberikan kesan seperti bercandaan atau serius? Sebab masyarakat tentu menanggapi serius ucapan yang di sampaikan timses ketika berbicara.

Tulisan: kompas.com
(Sumber cnnindonesia.com)

Renungan khotbah Kristen
ARTIKEL RENUNGAN MOTIVASI Updated at:

Tips Melacak HP Yang Hilang

TIPS JIKA HP HILANG

Tips apabila kehilangan handphone dari pencurian / kehilangan​.

Jika handhpone anda hilang Di curi atau tertinggal di suatu tempat Namun anda lupa.

Tahukah Anda..!!!

Anda bisa melacaknya.???

Kebanyakan dari kita senantiasa bingung waktu hp kita dicuri/hilang.

Setiap hp memiliki no IMEI yaitu (International Mobile Equipment Identity).
Yang dapat digunakan untuk melacak keberadaan hp anda di mana saja di seluruh dunia.

Cara melihat fungsi dari IMEI.
1. Tekan *#06# lalu ok/call pada hp anda.
2. Hp anda akan menunjukkan ​15 digit no IMEI yang unik.
3. Catat no IMEI tersebut di tempat yang aman.
Cat: Jangan catat di dalam hp anda sendiri. Karena ini adalah nomor yang akan membantu melacak hp anda apabila hp anda dicuri atau hilang.
4. Seandainya hp anda dicuri, anda hanya perlu ​E-mail 15 digit. No. IMEI ke cop@vsnl.net​ beserta data-2 seperti di bawah ini:
Nama anda:____________________
Alamat:______________________
Model hp:_________________
Buatan:_________________________
No. terakhir digunakan:_________________
E-mail untuk dihubungi:_____
Tgl kehilangan:___________________
No. IMEI:_______________________
5. Tidak perlu ke kantor polisi.
6. Hp Anda akan terlacak dalam tempo 24 jam melalui sistem GPRS dan internet. Anda akan dapat melacak di mana posisi hp anda berada Walaupun kartu SIM anda telah ditukar.

"SEMOGA BERMANFAAT"
Like  and Share✔

Renungan khotbah Kristen
ARTIKEL RENUNGAN MOTIVASI Updated at:

Survey Pilpres di Kalangan PNS

MAYORITAS PNS TAK PILIH JOKOWI
|| Survey Pilpres di Kalangan PNS

Beberapa waktu lalu, sebuah lembaga konsultan politik melakukan survey terkait Pilpres. Hasilnya, hampir di setiap kategori yang di survei, Jokowi unggul telak atas Prabowo. Namun ada satu hal yang cukup ganjil, Prabowo berhasil mengalahkan Jokowi di kalangan PNS (Pegawai 'Ngeri' Sipil)

Sebanyak 42,1% responden yang berprofesi sebagai PNS memilih Prabowo, dan hanya 21,1% yang condong ke Jokowi.

Hal ini tentu saja mengundang pertanyaan mengapa mayoritas PNS yang notabene adalah pegawai pemerintah justru tak menyukai Jokowi. Ada apa? Mungkin ini sedikit memberikan jawaban...
Dalam sebuah postingnya di sebuah media sosial, seseorang bernama "Mr.X" yang juga berprofesi sebagai PNS menyebutkan beberapa sebab dan alasannya berikut ini:

1. Sulit Melakukan Pungli
Mr.X menyebut, dibentuknya tim Siber Pungli membuat PNS yang biasa main mata tak lagi bisa berkutik, belum lagi kebijakan pelayanan satu pintu yg makin mempersempit ruang gerak PNS korup.

2. Anggaran Dipotong
Anggaran perjalanan dinas diperketat. Pelatihan tidak dilakukan di pusat tapi di daerah dan studi banding dihapuskan.

3. Pengetatan Anggaran
Pemerintah pusat tidak mentolelir adanya dana yang mengendap di rekening daerah. Pengendapan dana ini biasanya menjadi modus oknum PNS utk mengambil keuntungan dgn cara mengambil bunganya. Pernah menyebar isu tunjangan guru dihentikan, padahal faktanya dana tunjangan guru itu ditahan oleh pejabat daerah.

4. Tak Lagi Bisa Main Proyek
Dibentuknya LPSE membuat proses pengadaan barang di lingkungan pemerintahan jadi lebih transparan. Dengan demikian pungli, korupsi, suap yg selama ini lazim di kalangan PNS mulai bisa dikikis.

Berikut adalah dialog kesaksian 2 oknum PNS yg bekerja di jajaran Pemda Jakarta dan Pemda Banten :

1. Mr.Y
"Dulu, biasanya gue bisa ngantongin minimal 5jt/hari dan bisa karaoke tiap malam tapi sejak jaman Jokowi apalagi jaman Ahok sama sekali gak bisa, bro. Dulu-dulu, gue gak pernah tengok gaji. Penghasilan gue diluar gaji jauh lebih besar..."

2. Mr.Z
"Sejak jaman Jokowi makin parah saja. Tak bisa lagi main proyek, anggaran dipangkas, tak ada pelatihan ini itu di daerah lain dan tak ada sikutan dll. Saya menyesal pilih Jokowi..."
(Belakangan ada info bhw Mr.Z masuk daftar 2.340 PNS yg akan dipecat karena korupsi).

Megerikan, bukan? Apakah ini gambaran umum bagaimana sebenarnya mentalitas PNS di seluruh Indonesia? Bagaimana menurut pendapat anda?
#lucmartin

Renungan khotbah Kristen
ARTIKEL RENUNGAN MOTIVASI Updated at:

21.11.18

Pemerintah Menurunkan Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018

PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 61 TAHUN 2018
TENTANG

OPTIMALISASI PEMENUHAN KEBUTUHAN/FORMASI PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM SELEKSI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL TAHUN 2018

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA,

Menimbang :
a. bahwa tingkat kesulitan Soal Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 sangat tinggi dibandingkan dengan soal Seleksi Kompetensi Dasar pada tahun sebelumnya, sehingga mengakibatkan terbatasnya jumlah kelulusan peserta Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 dan terjadinya disparitas hasil kelulusan antar wilayah sehingga berpotensi tidak terpenuhinya kebutuhan/formasi yang telah ditetapkan;

b. bahwa alokasi penetapan kebutuhan/formasi pada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah perlu dioptimalkan untuk pemenuhan kebutuhan pegawai negeri sipil yang memadai dan tetap mempertimbangkan kualitas agar fungsi pelayanan pemerintah kepada masyarakat dapat lebih baik;

c. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan huruf b, perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Optimalisasi Pemenuhan Kebutuhan/Formasi Pegawai Negeri Sipil Dalam Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018;

Mengingat :
1. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 6, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5494);

2. Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2017 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2018 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 233, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6138);

3. Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 63, Tambahan Lembaran Negara Nomor 6037);

4. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 1185);

5. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 1186);

MEMUTUSKAN:

Menetapkan :
PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI TENTANG OPTIMALISASI PEMENUHAN KEBUTUHAN/FORMASI PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM SELEKSI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL TAHUN 2018.

Pasal 1
Peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 yang mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dapat melanjutkan ke tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Pasal 2
Peserta SKB sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 terdiri atas:

a. Peserta SKD yang memenuhi Nilai Ambang Batas berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018; dan

b. Peserta SKD yang tidak memenuhi Nilai Ambang Batas berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018, namun memiliki peringkat terbaik dari angka kumulatif SKD diatur berdasarkan Peraturan Menteri ini.

Pasal 3
Peserta SKD sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf b berlaku ketentuan sebagai berikut:

a. Nilai kumulatif SKD formasi Umum paling rendah 255 (dua ratus lima puluh lima);

b. Nilai kumulatif SKD formasi Umum untuk jabatan Dokter Spesialis dan Instruktur Penerbang paling rendah 255 (dua ratus lima puluh lima);

c. Nilai kumulatif SKD formasi Umum untuk jabatan Petugas Ukur, Rescuer, Anak Buah Kapal, Pengamat Gunung Api, Penjaga Mercu Suar, Pelatih/Pawang Hewan, dan Penjaga Tahanan paling rendah 255 (dua ratus lima puluh lima);

d. Nilai kumulatif SKD formasi Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude) dan Diaspora paling rendah 255 (dua ratus lima puluh lima);

e. Nilai kumulatif SKD formasi Penyandang Disabilitas paling rendah 220 (dua ratus dua puluh);

f. Nilai kumulatif SKD formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat paling rendah 220 (dua ratus dua puluh);

g. Nilai kumulatif SKD formasi Tenaga Guru dan Tenaga Medis/Paramedis dari Eks Tenaga Honorer Kategori-II paling rendah 220 (dua ratus dua puluh).

Pasal 4
Ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 diberlakukan, apabila:

a. tidak ada peserta SKD yang memenuhi nilai ambang batas berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018, pada kebutuhan/formasi yang telah ditetapkan; atau

b. belum tercukupinya jumlah peserta SKD yang memenuhi nilai ambang batas berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018, untuk memenuhi jumlah alokasi kebutuhan/formasi yang telah ditetapkan.

Pasal 5
Peserta yang mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf b dan Pasal 4 huruf a, berlaku ketentuan sebagai berikut:

a. peserta yang memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 dan berperingkat terbaik sesuai dengan jenis formasi jabatan diikutsertakan sejumlah paling banyak 3 (tiga) kali jumlah alokasi formasi;

b. apabila terdapat peserta yang mempunyai nilai kumulatif SKD sama, penentuan didasarkan secara berurutan mulai dari nilai Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK); dan

c. apabila terdapat peserta yang mempunyai nilai TKP, TIU, dan TWK sama, serta berada pada batas jumlah 3 (tiga) kali alokasi formasi, keseluruhan peserta dengan nilai sama tersebut diikutsertakan.

Pasal 6

(1) Peserta yang mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf b dan Pasal 4 huruf b berlaku ketentuan sebagai berikut:

a. peserta yang telah memenuhi nilai ambang batas berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar, diikutsertakan sebagai peserta SKB kelompok pertama;

b. apabila jumlah peserta SKB pada kelompok pertama masih berada dibawah jumlah alokasi formasi, dibuat peserta SKB kelompok kedua yang berasal dari peserta lain yang memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 dan berperingkat terbaik;

c. jumlah peserta SKB pada kelompok kedua paling banyak 3 (tiga) kali dari selisih antara jumlah alokasi formasi dengan jumlah peserta pada kelompok pertama;

d. apabila terdapat peserta pada kelompok kedua mempunyai nilai kumulatif SKD sama, penentuan didasarkan secara berurutan mulai dari nilai TKP, TIU, dan TWK; dan

e. apabila terdapat peserta pada kelompok kedua mempunyai nilai TKP, TIU, dan TWK sama serta berada pada batas jumlah 3 (tiga) kali dari selisih antara jumlah alokasi formasi dengan jumlah peserta pada kelompok pertama, keseluruhan peserta dengan nilai sama tersebut diikutsertakan.

(2) Peserta SKB berkompetisi pada kelompoknya masing-masing.

(3) Peserta SKB pada kelompok kedua berkompetisi untuk mengisi formasi sebanyak selisih antara jumlah alokasi formasi dengan jumlah peserta pada kelompok pertama.

Pasal 7

(1) Tata cara pengisian formasi yang belum terpenuhi setelah integrasi nilai SKD dan SKB sebagai berikut:

a. dalam hal kebutuhan formasi umum belum terpenuhi, dapat diisi dari peserta yang mendaftar pada formasi khusus pada jabatan dan kualifikasi pendidikan yang bersesuaian di unit penempatan/lokasi formasi yang sama serta memenuhi nilai ambang batas formasi Umum sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar dan berperingkat terbaik;

b. dalam hal kebutuhan formasi umum pada huruf a masih belum terpenuhi, dapat diisi dari peserta yang mendaftar pada formasi khusus pada jabatan dan kualifikasi pendidikan yang bersesuaian di unit penempatan/lokasi formasi yang sama, serta memenuhi nilai kumulatif SKD formasi Umum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 huruf a dan berperingkat terbaik;

c. dalam hal kebutuhan formasi khusus belum terpenuhi, dapat diisi dari peserta yang mendaftar pada formasi umum dan formasi khusus lainnya pada jabatan dan kualifikasi pendidikan yang bersesuaian di unit penempatan/lokasi formasi yang sama serta memenuhi nilai ambang batas formasi Umum sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar dan berperingkat terbaik;

d. dalam hal kebutuhan formasi khusus pada huruf c belum terpenuhi, dapat diisi dari peserta yang mendaftar pada formasi umum dan formasi khusus lainnya pada jabatan dan kualifikasi pendidikan yang bersesuaian di unit penempatan/lokasi formasi yang sama serta memenuhi nilai kumulatif SKD formasi Umum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 huruf a dan berperingkat terbaik;

e. khusus instansi daerah, dalam hal masih terdapat formasi yang belum terpenuhi, dapat diisi dari peserta yang mendaftar pada formasi lainnya yang jabatan dan kualifikasi pendidikan bersesuaian dari unit penempatan/lokasi formasi yang berbeda serta memenuhi nilai ambang batas formasi Umum sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar dan berperingkat terbaik; dan

f. khusus instansi daerah, dalam hal masih terdapat formasi yang belum terpenuhi sebagaimana diatur pada huruf e, dapat diisi dari peserta yang mendaftar pada formasi lainnya yang jabatan dan kualifikasi pendidikan bersesuaian dari unit penempatan/lokasi formasi yang berbeda serta memenuhi nilai kumulatif SKD formasi Umum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 huruf a dan berperingkat terbaik.

(2) Khusus untuk Formasi Eks Tenaga Honorer Kategori II tidak diberlakukan tata cara pengisian formasi yang belum terpenuhi.

Pasal 8
Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan.

Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Peraturan Menteri ini dengan penempatannya dalam Berita Negara Republik Indonesia.

Ditetapkan di Jakarta
pada tanggal 19 November 2018

MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA,

ttd

SYAFRUDDIN

Diundangkan di Jakarta
pada tanggal 21 November 2018

DIREKTUR JENDERAL
PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA,

ttd

WIDODO EKATJAHJANA

BERITA NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2018 NOMOR 1545.

Renungan khotbah Kristen
ARTIKEL RENUNGAN MOTIVASI Updated at:

18.11.18

Kanker Mati Karna Tubuh Kita.....✔✔✔

👀 KANKER MATI KARENA DISEMBUHAN OLEH TUBUH KITA SENDIRI👍👍👍👍

👀 Cara Sembuh dari Kanker.

Sebarkan untuk menolong banyak orang...!!!

👀 KISAH NYATA Kesaksian Jane S.

👀 Bagaimana Jane Bisa Sembuh dari kanker stadium akhir.

👉Simak beritanya...!!!

👀 Jane, seorang wanita berkebangsaan Amerika (57 tahun).
👀 Dia salah satu orang yang selamat dari ganasnya kanker payudara yang dia derita.

👀 Kanker payudara stadium Akhir yang dia derita membuat dirinya membengkak bahkan lemas tidak berdaya.
👀 Dokter sudah menvonis dirinya tak bisa diselamatkan lagi, bahkan sudah tidak ada rumah sakit yang berani menerimanya.
👀 Rambutnya yang rontok, nafsu makan yang menurun, pasti akan buat siapapun Down dan bahkan semua orang Mengira Malaikat Kematian akan menjemputnya:dan tidak punya harapan hidup lagi.

Baca juga: MANFAAT AIR NANAS PANAS UNTUK KESEHATAN ATASI KANKER DAN TUMOR

👀 Setelah Jane keluar dari rumah sakit, dia meninggalkan pekerjaannya.
👀 Tubuhnya yang lemas, bahkan tidak berdaya..tetapi dia memiliki Semangat utk hidup terus.
👀 Dia beli makanan yang dia suka makan, dan buah-buahan semua dia santap.
👀 Setiap pagi jam 7 dia pergi lari lapangan 2 jam.
Melihat pemandangan yang hijau dan pepohonan yang asri, setelah itu, dia akan pergi ke Bronx House, sebuah pusat kebugaran untuk berenang selama 1 jam.
👀 Sebulan kemudian, malaikat kematian tidak menjemputnya, bahkan dia merasa tenaganya pulih dari hari ke hari.
👀 2 bulan kemudian malaikat kematian juga mungkin lagi lembur, rambutnya tidak rontok dan tenaganya semakin kuat.
👀 3 bulan kemudian tenaganya pulih kembali dan rambutnya sudah tumbuh.
👀 4 bulan kemudian dia menjadi wanita yang sehat dan kuat.
👀 Setahun kemudian dia kembali ke dokter yang menanganinya, dan dokter itu heran "Kamu masih hidup....???

👀 Mujizat sekali...!!! Sehat bugar bahkan tdk terlihat seperti orang yang sakit.
👀 Setelah pemeriksaan, kanker payudara stadium akhir yang ada pada dirinya, hilang TOTAL.
👀 Dokter tidak Bisa Menyembuhkan, Dia Juga Tidak sadar dan mengerti Kalau Dirinya Sendiri yang Menghilangkan Kanker Tersebut.
👀 Laporan kesehatan yang menyimpulkan, 1/3 dari penderita kanker mati karena hilang harapan dan putus asa.
👀 1/3 Penderita lagi mati karna obat - obatan...dan strees & Depresi.
👀 1/3 dari Penderita sembuh, karena pikirannya positif setiap pagi berolah raga dan Jane salah satunya.
👀 Jane adalah orang yang terbuka.
Dia melihat segala sesuatu dengan positif, bahkan di waktu dia menderita kanker sekalipun.
👀 Dia tahu dokter dan obat2an tdk bisa mengobatinya, jadi dia menggunakan olahraga untuk mengobati dirinya sendiri.
👀 Berdasarkan pengetahuan, sel kanker sangat takut terhadap panas dan dingin.
👀 Orang bisa demam diakibatkan sel tubuh dan imun tubuh bekerja keras agar sel - sel jahat dalam tubuh dibunuh, karena itulah orang yang sering demam jarang menderita kanker.
👀 Terkadang, kanker yang dikontrol dengan obat, malah dapat menyebabkan kanker itu semakin ganas dan lebih cepat menyebar ke seluruh tubuh.
👀 Kanker Takut kpd Panas dan Takut Dingin.
👀 Seperti kejadian Jane, dirinya lari dari jam 7 sampai jam 9 pagi dan kemudian berenang 1 jam.
👀 Cuaca panas membuat dirinya keringatan pasti membuat sel kanker melemah, lambat laun sel kanker yang terus diserang oleh panas dan dingin ini, menjadikan sel ini menghilang secara perlahan dan mati.
👀 4 Faktor Utama Mengapa Malaikat Kematian Menjauh dari Jane.
👀 1. Mood yang bagus tanpa khawatir akan kematian. Olahraga dan hidup dalam lingkungan yang segar dan baik.
👀 2. Udara yang bagus ditambah dengan olahraga mendatangkan tubuh yang sehat.
👀 3. Suhu tubuh berubah secara dratis. 2 jam kepanasan, 1 jam kedinginan.
👀 4. Tidak adanya efek kimia dari obat dalam tubuh Jane. Tidak ada efek samping dari obat - obatan yg merusak tubuhnya dan kekebalan alami pada tubuhnya.
👀 Terlalu gampang. Caranya terlalu gampang dan simple Bahkan tidak bisa dijelaskan secara ilmu pengetahuan.
👀 Jane menyarankan, jika ingin hidup tanpa kanker, hiduplah dalam lingkungan yang baik.
👀 Cara Jane melawan kanker telah tersebar di seluruh SosMed, Setelah cara ini diketahui orang - orang, tidak sedikit testimoni orang - orang yang juga berhasil melawan dan mengalahkan kanker ... !

👀 Pesan Moral dr Jane:

1. HIDUP DALAM LINGKUNGAN YG SEHAT.
2. JANGAN STRESS.
3. BERPIKIR YANG POSITIF.
4. MAKAN YANG TERATUR.
5. SETIAP HARI HARUS ADA KERINGAT YANG KELUAR.
6 HIDUP HARUS HAPPY dan BAHAGIA.
7. DAN JANGAN LUPA BERDOA DAN MENGUCAP SYUKUR.

SELAMAT MENIKMATI HIDUP SEHAT DAN BEBAS DARI KANKER

BAGIKAN...!!!!

Renungan khotbah Kristen
ARTIKEL RENUNGAN MOTIVASI Updated at:

16.11.18

Manfaat Air Kelapa Panas

Air kelapa panas
Sebarkan.!!!

Profesor Chen Huiren dari Rumah Sakit Umum Angkatan Darat Beijing menekankan bahwa jika setiap orang yang menerima buletin ini dapat meneruskan sepuluh salinan kepada orang lain, pasti setidaknya satu kehidupan akan diselamatkan ...
Saya telah melakukan bagian saya, semoga Anda juga dapat membantu bagian Anda. terima kasih!

Air kelapa panas bisa menyelamatkan Anda seumur hidup

Lihatlah lagi, lalu beri tahu yang lain,
Sebarkan cinta keluar!

Kelapa panas ~ dapat membunuh sel kanker!

Potong 2 hingga 3 serpihan kelapa tipis dalam secangkir, tambahkan air panas, itu akan menjadi "air alkali", minum setiap hari, itu baik untuk siapa saja.

Baca juga: MANFAAT AIR NANAS PANAS BAGI KESEHATAN TUBUH ATASI KANKER GANAS DAN TUMOR GANAS

Air kelapa panas melepaskan zat anti kanker, yang merupakan kemajuan terbaru dalam pengobatan kanker yang efektif di bidang medis.

Sari buah kelapa panas memiliki efek untuk membunuh kista dan tumor. Terbukti untuk memperbaiki semua jenis kanker.

Air kelapa panas dapat membunuh semua kuman dan racun dari dalam tubuh akibat dari alergi

Jenis pengobatan dengan ekstrak kelapa hanya menghancurkan sel-sel ganas, itu tidak mempengaruhi sel-sel sehat.

Selain itu, asam amino dan polifenol kelapa dalam jus kelapa dapat mengatur tekanan darah tinggi, efektif mencegah penyumbatan pembuluh darah dalam, menyesuaikan sirkulasi darah dan mengurangi pembekuan darah.

Setelah membaca, beri tahu yang lain, keluarga, teman, sahabat, suami, istri, anak dll.
Sebarkan cinta!
Jaga kesehatan Anda sendiri.

Renungan khotbah Kristen
ARTIKEL RENUNGAN MOTIVASI Updated at:

ANIES BASWEDAN GUBERNUR TERHEBAT ----->Lihat apa kata Mereka


































Renungan khotbah Kristen
ARTIKEL RENUNGAN MOTIVASI Updated at:

RENUNGAN KRISTEN | MOTIVASI HIDUP | ARTI SEPASANG SEPATU

            👠SEPATU👞

                                       
1. Bentuknya tidak       
    persis sama,
    namun serasi.

2. Saat berjalan tak     
    pernah kompak,
    tapi tujuannya         
    sama.

3. Tak pernah ganti     
     posisi,
     namun saling         
     melengkapi.

4. Tidak pernah ganti 
     pasangan
     walau sudah usang
     dan karena
     dimakan usia.

5. Sederajat, namun   
    tidak ada yang
    merasa lebih tinggi 
    atau lebih rendah.
 
6. Bila yang satu.         
     hilang, yang lain
     tidak memiliki arti.

7. Tidak pernah saling
     injak ataupun saling
     tendang.

8. Walau tidak pernah
    jalan bergandengan tetapi
    s'lalu yang satu didepan
     yang lain dibelakang
     Dan juga tidak akan
     pernah meninggalkan satu
     sama yang lain. 

SEPATU =
SE jalan sam PA i TU juan

Sepasang SEPATU bisa menjadi contoh terbaik bagi arti sebuah kebersamaan dalam berorganisasi dan persaudaraan.
Semoga bermanfaat bagi kita.

👉Bagikan jika Bermanfaat...🙏🙏🙏

Renungan khotbah Kristen
ARTIKEL RENUNGAN MOTIVASI Updated at:

12.11.18

TANGGAPAN GBI TERHADAP AJARAN Pdt. Dr. Erastus Sabdono

TANGGAPAN GEREJA BETHEL INDONESIA TERHADAP AJARAN PDT. DR. ERASTUS SABDONO

Sehubungan dengan klaim Pdt. Erastus Sabdono (ES) yang menyatakan bahwa pengertian/pengajarannya telah “berkembang” sehingga berbeda dan tidak bisa menyesuaikan diri lagi dengan pengajaran Gereja Bethel Indonesia (GBI), sehingga menyatakan diri keluar dari Sinode GBI dan membentuk Sinode baru, maka dengan ini kami memberikan penjelasan tentang beberapa perbedaan antara ajaran Pdt. Erastus dengan pengajaran GBI, yang intinya meliputi hal sebagai berikut:

1.  ES: Allah  itu  Dwitunggal.
Roh Kudus selalu  menyatu dengan kehendak Bapa, sehingga Roh Kudus adalah pribadi ketiga yang relatif, tidak mutlak.
Berbeda dengan Yesus yang ketika menjadi manusia bisa memiliki kehendak yang berbeda dengan Bapa, sehingga ada risiko terpisah selamanya dari Bapa. Lagi pula Bapa, Anak dan Roh Kudus itu tidak setara.

GBI: Allah itu Tritunggal.
Satu hakekat tapi memiliki tiga pribadi yang setara yaitu: Bapa, Anak dan Roh Kudus.
Bisa dibedakan namun tidak bisa dipisahkan. Pandangan ES bukan hanya berbeda dengan ajaran GBI tapi dengan konsep gereja secara umum yang dirumuskan dalam konsili Nicea tahun 325 M.

KLIK ARTIKEL RENUNGAN KRISTEN LAINNYA

2.  ES: Ada dua standar keselamatan dan kemuliaan, yaitu bagi orang yang percaya Injil dan sempurna akan mengalami kemuliaan dan memerintah bersama Yesus. Sedangkan orang yang belum mendengar Injil namun berbuat baik bisa selamat dan menjadi anggota masyarakat dalam dunia yang akan datang.
Di Langit Baru bumi Bumi Baru (LB3) masih ada dosa dan hukuman Tuhan bagi masyarakat yang tidak taat, karena Tuhan akan memerintah dengan tongkat besi (Why. 2:27).

GBI: Menurut Yoh. 14:6, keselamatan hanya melalui Yesus Kristus.
Tidak ada catatan Alkitab bahwa orang yang belum mendengar Injil namun berbuat baik bisa selamat.  Di langit baru dan bumi baru semua sudah disucikan, tidak ada lagi dosa.
Memang di Kerajaan 1000 tahun damai di bumi yang mendahului langit baru dan bumi baru masih ada dosa, namun dosa tidak ada dalam kekekalan di langit baru dan bumi baru, dengan Yerusalem Baru sebagai ibukotanya.

3.  ES: Di Sorga masih ada perkawinan, dengan demikian masih ada hubungan seksual.

GBI: Di Sorga manusia akan hidup seperti malaikat, tidak kawin dan mengawinkan. Kasihnya agape bukan lagi eros. Perkawinan adalah lambang hubungan Kristus dan jemaat-Nya.

4.  ES: Lucifer bukan malaikat, tapi diciptakan sebagai anak Allah.  Ada tiga anak terkemuka Allah Bapa: Yesus, Lucifer, dan Adam.
Lucifer adalah pangeran Kerajaan Tuhan di sorga yang kemudian jatuh dalam dosa.
Adam gagal mengalahkan Lucifer, tapi Yesus berhasil mengalahkannya.

GBI: Lucifer bukan anak Allah yang diciptakan lebih tinggi dari pada malaikat. Dia adalah malaikat yang kemudian jatuh dalam dosa.

5.  ES: Lucifer belum terbukti bersalah hingga ada corpus delicti (bukti bahwa kejahatan itu telah terjadi). Ketaatan Yesus di kayu salib dan ketaatan orang percaya yang mengikuti gaya hidup Yesus (Why. 12:11) membuktikan  Iblis bersalah.
Manusia diciptakan untuk mengalahkan Iblis dengan membuktikan bahwa Iblis salah karena manusia bisa taat sempurna kepada Allah, sedangkan Iblis tidak.

GBI: Alkitab, Firman Allah sendiri sudah menyatakan Iblis salah karena ditemukan telah kecurangan padanya (Yeh. 28:15).
Ini tidak harus dibuktikan dulu dengan menunggu ketaatan manusia, karena Yesus lah yang telah mengalahkan Iblis. Lagi pula manusia diciptakan bukan untuk membuktikan Iblis salah, tapi untuk memuliakan Allah (Yes. 43:7).

Kajian  teologis  lebih  lengkap  bisa dipelajari  melalui  penelaahan  terhadap beberapa buku dan khotbah Erastus Sabdono, serta tanggapannya bawah ini:

A. Sabdono, Erastus. Roh Kudus. Jakarta: Rehobot Literatur: 2018.

1.  Sabdono mengatakan bahwa Roh Kudus bisa dikatakan sebagai Pribadi ketiga secara relatif.
Kalau Roh Allah atau Roh Kudus bisa dikatakan mutlak sebagai Pribadi Ketiga, maka penjelasan mengenai Allah yang Esa menjadi sangat sulit dan kacau (hal. 15). Roh Kudus dipahami tidak terpisah dari Bapa.

Tanggapan:
Tidak demikian menurut kesaksian Alkitab dan Bapa-bapa Gereja.
Bapa, Anak dan Roh Kudus adalah satu substansi/hakekat (ousia) dan adalah tiga pribadi yang setara.
(hypostasis) (J.N.D. Kelly, Early Christian Doctrines, London: A & C Black, 1965, hal .88).
Roh Kudus adalah Pribadi ketiga Allah yang mutlak dan bukan relatif.

2.  Saat Tuhan Yesus menjadi manusia, Ia memiliki risiko kemungkinan terpisah dari Allah Bapa selamanya.
Perpisahan Pribadi dengan Bapa ini membuka kemungkinan Tuhan Yesus memiliki kehendak sendiri yang berbeda dengan Bapa (hal. 19, 22-23). Tanggapan:
Yesus sendiri justru berkata bahwa Ia dan Bapa adalah satu (Yoh, 10:30).

Berikutnya, bila  ada  kemungkinan Yesus  terpisah  dari Allah  atau  Bapa selamanya, maka keallahan bisa berubah dari tiga menjadi dua. Sementara Allah tidak berubah (Ay. 23:13; Mzm. 102:28; Yes. 48:12; Mal. 3:6; Ibr. 1:12; 13:8).

Jika Allah berubah, Ia bukan Allah, karena yang berubah itu adalah ciptaan dan bukan Pencipta.
Pemahaman Yesus yang bisa gagal dan terpisah dari Allah selamanya juga menunjukkan pemahaman keallahan yang bersifat politeistik di mana dewa-dewa bisa berhenti menjadi dewa.

3.  Roh Kudus dipahami menyatu dengan Bapa dan tidak terpisah, sementara Yesus benar-benar terpisah dari Bapa.
Dan seperti di atas, keterpisahan dari Bapa dapat membuat Yesus terpisah selamanya bila tidak taat kepada Bapa (hal. 14, 15).
Dengan demikian Allah belum tentu Tritunggal namun bisa Dwitunggal.

Tanggapan:
Ini sebetulnya bukan lagi tritunggal melainkan dwitunggal, karena yang benar-benar terpisah adalah Bapa dan Anak. Namun anehnya, Anak bisa benar- benar terpisah selamanya dari Bapa dan tidak menjadi bagian dari Tritunggal lagi.

4.  Penekanan yang berulang-ulang diberikan adalah bahwa Roh Kudus keluar dari Bapa dan adalah Roh Allah.

Tanggapan:
Jika Roh Kudus keluar dari Bapa dan tidak keluar dari Anak, maka roh siapakah yang anak miliki?
Apakah Anak tidak memiliki Roh?
Padahal Alkitab menyaksikan bahwa ada Roh Yesus dalam. Kis. 16:7:
“Dan setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka” dan juga  dalam  Flp, 1:19:  “karena  aku  tahu,  bahwa  kesudahan  semuanya  ini ialah keselamatanku oleh doamu dan pertolongan Roh Yesus Kristus”.
Jika Roh Kudus hanyalah Roh yang keluar dari Bapa, lalu Roh Yesus atau Roh Yesus Kristus ini roh siapa, jika bukan Roh Kudus?
Sebaliknya, jika Roh Yesus atau Roh Yesus Kristus juga dipahami sebagai Roh Kudus, maka dalil Sabdono gagal total.

Selain istilah Roh Yesus dan Roh Yesus Kristus, Perjanjian Baru juga menggunakan istilah Roh Kristus dalam Rm. 8:9: “Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu.
Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.” 1 Pet. 1:11: “Dan mereka meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, yang ada di dalam  mereka, yaitu  Roh  yang sebelumnya  memberi kesaksian  tentang  segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu”.
Jika Roh Kudus hanyalah Roh yang keluar dari Bapa, maka roh siapakah Roh Kristus ini? Apakah ada roh lain sehingga Allah ada 4 pribadi?

Berikutnya, Gal. 4:6 menyebutkan: “Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: “ya Abba, ya Bapa!”. Roh Anak-Nya yang dimaksud jelas adalah Roh Yesus Kristus.
Lalu, jika Roh Kudus menurut Sabdono hanyalah Roh Allah yang keluar dari Bapa, lalu Roh Anak-Nya ini roh siapa?

Sebaliknya, penyebutan bergantian antara Roh Allah dan Roh Kristus dalam Rm. 8:9 menunjukkan bahwa Roh Allah dan Roh Kristus adalah satu.
Itu berarti Roh Allah atau Roh Kudus sama dengan Roh Kristus. Ini berarti dalil Sabdono juga gagal ketika ia membedakan antara Bapa dengan Anak tetapi menyamakan Bapa dengan Roh Kudus.

5.  Bapa tidak mahahadir. Anak juga tidak mahahadir. Anak ada di sebelah kanan Bapa.

Bapa menjadi mahahadir karena Roh Kudus yang ada di mana-mana (hal. 15).

Tanggapan:
Walaupun Sabdono bersitegas bahwa Roh Allah adalah bagian dan keluar dari Bapa, namun pada sisi lain menunjukkan perbedaan antara Bapa dengan Roh Kudus, yaitu Bapa hanya ada di surga dan tidak mahahadir (omnipresent) dan kehadiran Allah lebih disebabkan karena Roh Kudus yang hadir di mana-mana.

Terlihat bahwa Sabdono memahami bahwa Bapa dan Anak tidak mahahadir dan hanya Roh Kudus yang mahahadir  dan memberikan penekanan yang sangat berlebihan pada ketigaan Allah pada satu sisi dan keterbatasan Bapa dan Anak pada sisi lain dan ini bukan ajaran kekristenan.

Berikutnya, dalam Rm, 8:10 dikatakan: “Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran”.
Jika Kristus hanya diam di surga, maka tidak mungkin Kristus ada di dalam orang percaya. Dan Kristus yang disebutkan dalam ayat 10 ada dalam orang percaya ini, pada ayat 9 disebut sebagai Roh Allah dan Roh Kristus.

Jadi dengan kata lain, pemisahan yang ketat antara Bapa dengan Anak sementara Bapa dengan Roh Kudus tidak, namun Bapa diam di sorga menjadi keliru, karena dalam teks ini, Kristus yang diam dalam diri orang percaya juga adalah Roh Allah yang juga adalah Kristus.

Pada satu sisi, ini menunjukkan kekeliruan pemahaman Sabdono bahwa ada keterpisahan yang kuat antara Bapa, Anak dan Roh namun juga bahwa Roh Kudus hanyalah Roh Bapa.
Teks Rm 8:9, 10 menunjukkan bahwa Roh Kudus adalah juga Roh Allah adalah juga Roh Kristus dan ketiganya adalah satu.

B.  Buku: Sabdono,  Erastus.  Keselamatan di luar Kristen. Jakarta: Rehobot Literatur, 2016.

1.   Sabdono menyatakan bahwa ada dua standar dalam keselamatan. Pertama adalah bagi orang yang mendengar Injil dan kedua adalah mereka yang tidak mendengar Injil. Kualitas keselamatannya pun dengan demikian berbeda.

Keselamatan bagi orang percaya berarti dikembalikan kepada gambar Allah semula sehingga suatu hari nanti dilayakkan bersama dengan Tuhan dalam kemuliaan.
Keselamatan bagi orang yang tidak mengenal Injil adalah diperkenankan masuk dunia yang akan datang sebagai anggota masyarakat (hal. 65).

Tanggapan:
Tidak ada dalam Alkitab yang menyatakan bahwa di dunia yang akan datang, akan ada anggota masyarakat yang merupakan orang-orang yang belum mendengar Injil.

2.   Sabdono mengatakan bahwa bila orang Kristen gagal mencapai keberkenanan di hadapan Bapa atau tidak sempurna, namun didapati berbuat baik menurut Tuhan, maka akan digolongkan kelompok orang yang berbuat baik yang diperkenan masuk dunia yang akan datang atau menjadi anggota masyarakat.
Tetapi bila mereka berbuat jahat, maka mereka dibuang ke dalam lautan api (hal. 66).

Tanggapan:
Ini juga tidak ada dalam Alkitab.
Siapa yang dapat sempurna?

3. Bagi mereka yang menerima anugerah keselamatan, ia harus meresponi panggilan untuk sempurna seperti Bapa (Mt. 5:48).

Tanggapan:
Mt, 5:48: “Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.” Beberapa teks bahasa Inggris menuliskan:

“Therefore be perfect” (MKJV); “Ye therefore shall be perfect, as your heavenly Father is perfect” (ASV); So be perfect, as your heavenly Father is perfect.”
“Be then complete in righteousness, even as your Father in heaven is complete” (BBE).

Dalam teks Yunani:
ἔσεσθε οὖν φμεῖς τέλειοι, ὥσπερ ὁ πατὴρ φμῶν ὁ ἐν τοῖς ουρανοῖς τέλειός ἐστιν.

Dalam bahasa Indonesia dikatakan “haruslah kamu sempurna” di mana “haruslah” berbentuk KALA KINI dan IMPERATIF.

Dalam teks Yunani digunakan kata ἔσεσθε yang berbentuk KALA FUTUR dan INDIKATIF.
Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, maka yang tepat adalah:
“you shall be perfect” atau “you will be perfect”.

Dalam bahasa Indonesia maka lebih tepat diterjemahkan
“kamu akan menjadi sempurna”.
Kata “Karena itu” merujuk kepada ayat-ayat sebelumnya, di mana Yesus membandingkan Taurat dengan ajaran-Nya di mana Ia datang bukan untuk meniadakan Taurat melainkan menggenapinya (πληρῶσαι, yang berarti juga menaikkan atau menyempurnakan). “Karena itu” merujuk pasal 5:1-47, yaitu artinya, kalau kita melakukan semua yang dijabarkan di atas, kita akan sempurna.

Jadi yang terpenting, atau yang jadi fokus, bukanlah menjadi sempurna, tetapi melakukan kehendak Tuhan Allah, yaitu bahwa Ia bukan hendak menghapuskan Taurat, tetapi menggenapi (menyempurnakan), yaitu dari gigi ganti gigi dan mata ganti mata, menjadi tampar pipi kanan berikan pipi kiri, jalan satu mil, jalan dua mil, diminta baju, berikan juga jubah, berzinah bukan lagi pada tindakan tetapi pada keinginan, dll, itu semua yang Tuhan bicarakan dan itu yang dimaksud dengan “karena itu” atau “jika kamu melakukan itu, kamu akan menjadi sempurna”.

Berikutnya, kata ‘sempurna’ merupakan terjemahan dari τέλειός (teleios) yang berarti sempurna, tetapi juga lengkap, utuh, matang, dewasa dan berintegritas. Bila melihat keseluruhan pasal, maka kata τέλειός lebih tepat diterjemahkan berintegritas atau utuh.

Jadi kesempurnaan yang diacu bukanlah:
kamu harus sempurna, tetapi yang benar adalah: KAMU AKAN MENJADI BERINTEGRITAS, UTUH, SEPERTI BAPA kalau kamu melakukan apa yang dijabarkan di pasal 5, seperti yang Yesus jabarkan.
Sebaliknya, bila sempurna yang Sabdono ajarkan adalah sempurna mutlak seperti Bapa, maka tiada seorangpun yang dapat sempurna seperti Allah dan secara silogistik  tidak ada  yang selamat karena menurut Sabdono, semua orang yang menerima anugerah harus sempurna seperti Bapa (hal. 66).

C. Rekaman youtube Seminar Erastus Sabdono, Perceraian Sesi 2

Pada waktu 1:16:13, dalam link:
https://www.youtube.com/watch?v=F2bnDR- PUT0&t=4637s, pada sesi tanya jawab, penanya pertama dibacakan oleh moderator, transkripsinya adalah sbb.:

Penanya:
Apakah pasangan saya yang sudah meninggal di bumi adalah pasangan saya di LB3 (ket: Langit Baru Bumi Baru) atau Tuhan menyediakan yang lain?

Sabdono:
Jawabannya cuma satu,  Tuhan yang tahu, oke, tetapi menurut saya, idealnya pasangan di bumi menjadi pasangan selamanya.

Tanggapan:
Yang menjadi rujukan adalah:
Mat,  22:23-33 di mana pertanyaan orang- orang Saduki kepada Yesus tentang siapa yang menjadi suami dari wanita yang telah menikah 7 kali suami dan adik-adik suaminya (perkawinan levirat) di surga nanti dan Tuhan menjawab bahwa manusia hidup di surga seperti malaikat tidak kawin dan dikawinkan (Mt. 22:30).

Ini dipahami sebagai ketiadaan perkawinan levirat di surga dan bukan ketiadaan perkawinan di surga.
Ini keliru. Tidak perkawinan di surga! Yesus jelas justru menolak gagasan ada perkawinan di surga.
Kehidupan manusia adalah sama dengan malaikat di surga.

D. Buku: Sabdono, Erastus. Lucifer, Jakarta: Rehobot Literature, 2016

1.  Menurut Sabdono, Lucifer dipahami sebagai anak Allah.
Dasarnya adalah dalam Kitab Ayub, malaikat-malaikat Allah disebut bene haelohim (םיהלאה ינב) dalam Tanakh (Ay. 1:6; 38:7) yang arti harfiahnya adalah anak-anak Allah (hal. 13).
Ia juga mengutip Ibr. 12:9 yang menyatakan bahwa Allah adalah “Bapa segala roh” (πατρὶ τῶν πνευμάτων) yang dipahami sebagai asal-muasal segala roh, termasuk malaikat.

Karenanya, malaikat-malaikat dapat disebut anak-anak Allah.
Lucifer juga memiliki roh dari Bapa dan karenanya ia adalah anak Allah Bapa yang istimewa.
Pada mulanya, Lucifer adalah anak Allah.
Sejak ia jatuh, ia bukan lagi anak Allah (hal. 13). Karena itu, Lucifer, yang dipahami sebagai salah satu malaikat, berarti juga adalah Anak Allah.

Tanggapan:
Kelemahan  dalam  gagasan  ini  adalah bahwa  dalam  terjemahan Septuaginta, bene Elohim diterjemahkan sebagai aggeloi tou Theou.

Artinya, para penerjemah LXX memahami bahwa istilah bene Elohim merujuk kepada malaikat-malaikat dan tidak memberikan suatu pengertian tersendiri atau terpisah pada Lucifer.

2. Menurut  Sabdono,   Lucifer   bukan   malaikat,   karena   ia   diciptakan   dalam kesempurnaan.
Selain itu, Alkitab tidak pernah menyebut Lucifer sebagai malaikat. Kemudian, komponen yang ada pada Allah juga ada padanya (hal. 54).

Tanggapan:
Argumentasi ini membingungkan. Komponen Allah  yang ada pada Lucifer itu komponen apa?
Diciptakan dalam kesempurnaan yang dimaksud hanya karena ada 1 ayat yang menyatakan ia tidak bercela.
Tidak bercela dipahami sebagai kesempurnaan.
Tidak bercela, dalam teks asli adalah םימתּ (tamiym)  yang menurut BDB berarti complete, whole, sound (lengkap, utuh, menyeluruh).
Tidak ada yang mengindikasikan sebuah kesempurnaan yang utopis apalagi mengandung komponen Allah. Komponen Allah pun tidak jelas yang dimaksud.

3. Menurut Sabdono, Lucifer diciptakan segambar dengan Allah karena ia adalah gambar dari kesempurnaan (Yeh. 28:12) (h. 59 & 79).
Lucifer adalah mahluk ciptaan Tuhan yang memiliki keberadaan seperti Allah.

Kesempurnaan menunjuk kepada kualitas  Allah  sendiri  (hal.  59).
Ia  diciptakan  sudah  dalam kesempurnaan  yang permanen (hal. 59).

Tanggapan:
Mengingat tamiym sudah dijelaskan di atas, maka jelas Lucifer tidak memiliki keberadaan seperti Allah.
Dia makhluk biasa seperti ciptaan lainnya.

4. Menurut Sabdono, Lucifer memiliki kedudukan lebih tinggi dari malaikat, bahkan lebih tinggi dari penghulu malaikat (Mikhael).
Karenanya, Lucifer adalah anak Allah yang istimewa sebelum jatuh dalam dosa dan mendapat pelayanan dari para malaikat di Eden (di surga) (hal. 61).

Tanggapan:
Dalam banyak terjemahan, Lucifer disebut sebagai kerub saja (MKJV, ESB, German Luther Bibel, Dutch Staten Vertaling, French Louis Segond).

5. Menurut Sabdono, ada tiga anak terkemuka Allah Bapa.
Pertama, Anak Tunggal Bapa, Tuhan Yesus Kristus yang keluar dari Bapa, kedua, Bintang Timur Putra Fajar (yaitu Lucifer) dan terakhir adalah Adam, namun Lucifer dan Adam diciptakan oleh Tuhan Yesus.
Lucifer adalah “putera” yang memberontak.
Adam gagal mengalahkan Lucifer.

Tuhan Yesus diutus untuk membinasakan pekerjaan Lucifer (hal. 61).
Lucifer adalah anak Allah yang memberontak kepada Bapanya (hal. 62).
Ia awalnya adalah pangeran Kerajaan Tuhan di surga (Yeh. 28:13).
Ia juga dahulunya adalah anak Allah yang diciptakan-Nya (hal. 92).

Tanggapan:
Alkitab tidak pernah menyaksikan bahwa ketiganya adalah Anak-anak Allah.

6. Menurut Sabdono, ketika Tuhan Yesus menunjukkan ketaatan-Nya sampai mati di kayu salib (menumpahkan darah), maka Iblis terbukti bersalah.
Kuasa atau kekuatan darah Tuhan Yesus terletak pada ketaatan-Nya kepada Allah Bapa (hal. 100).
Namun kemudian ia mengatakan bahwa Iblis (Lucifer) hanya bisa dikalahkan oleh darah Tuhan Yesus dan perkataan kesaksian mereka yang mengikuti gaya hidup Tuhan Yesus (Why. 12:11) (hal. 114).

Tanggapan:
Manusia tidak memiliki peranan sama sekali untuk menyatakan Lucifer bersalah.
Ayat yang digunakan adalah sebuah doksologi di dalam surga yang dilihat dalam penglihatan Yohanes. Ini tidak ada kaitan sama sekali dengan keselamatan.

7. Menurut Sabdono, manusia diciptakan untuk menggenapi rencana Bapa, yaitu mengalahkan Iblis dengan membuktikan bahwa ia (Iblis) bersalah (corpus delicti) (hal. 124, 152).

Tanggapan:
Rencana Bapa atas manusia bukanlah untuk mengalahkan Iblis karena Yesus telah mengalahkan Iblis.
Manusia diciptakan untuk memuliakan Allah (Yes.43:7) dan bukan untuk membuktikan bahwa Iblis salah.

E. Buku: Sabdono, Erastus. Corpus Delicti, Hukum Kehidupan, Jakarta: Rehobot Literature, 2016.

1.  Sabdono menyatakan bahwa darah Tuhan Yesus dan perkataan kesaksian mereka yang dikatakan “tidak menyayangkan nyawanya” (ini menunjuk orang percaya yang mengikuti gaya hidup Tuhan Yesus: Why. 12:11).

Ini menjadi dasar buku ini, di mana dikatakan  “akan  dikemukakan  secara panjang  lebar  dalam  tulisan  ini.

Dengan demikian harus ditegaskan bahwa yang dapat mengalahkan Iblis adalah Tuhan Yesus dan orang percaya yang memiliki kualitas seperti Tuhan Yesus sendiri” (hal. 9).

Tanggapan:
Pertama, buku ini menjadi sumber ajaran sentral sementara gagasan yang diambil hanya berasal dari 1 ayat, Why. 12:11, dan tiada lagi ayat lain dalam

Alkitab yang berbicara mengenai hal ini.

Dari segi metodologi tafsir, ini menjadi keliru, karena pokok yang sangat minor dalam Alkitab malah dijadikan pokok mayor, bahkan primer.

Kedua, ayat itu sendiri bukan dalam konteks soteriologis melainkan doksologis, yaitu ketika Yohanes memperoleh penglihatan tentang surga dan ada suara nyaring di surga yang memuliakan Allah.

Ketiga, kejadian yang dikisahkan sendiri belum tentu bicara tentang keadaan surga pada akhir zaman.

Ada setidaknya 3 jenis tafsiran untuk ini:

Pertama, melihat bahwa Naga dijatuhkan ke bumi dan mengejar wanita yang melahirkan Anak, maka ini justru berbicara tentang Maria yang mengandung  dan  melahirkan  Yesus.

Cukup  banyak  tafsiran  yang memahami demikian.
Ada yang menafsir bahwa wanita ini adalah Gereja.
Ada juga yang menafsir bahwa wanita ini adalah Israel dalam Perjanjian Lama yang akan menghadirkan Mesias,
(cf. Ranko  Stefanovic,  Revelation  of Jesus Christ,  Commentary  on  the Revelation, hal. 380).

Kemenangan orang-orang percaya atas Setan bukan atas dirinya sendiri, kesalehannya bahkan karena menjadi serupa dengan Kristus, melainkan karena karya salib Kristus belaka.

2.  Sabdono menyebut adanya Allah Anak yang ditujukan kepada Yesus dan ada Allah Bapa (hal. 25).

Tanggapan:

Penyebutan Allah Bapa, Allah Anak (dan dengan demikian Allah Roh Kudus) sesungguhnya tidak tepat karena Alkitab tidak pernah menyebut Allah Tritunggal seperti itu dan sepanjang sejarah Gereja, baik Bapa-bapa Gereja maupun gereja-gereja kemudian, tidak mengenali Allah Tritunggal sebagai Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh Kudus.

Yang dipahami oleh Alkitab, kemudian Bapa-bapa Gereja serta gereja-gereja kemudian, adalah bahwa kita percaya kepada Allah yang Esa yaitu Bapa, Anak dan Roh.

Allah adalah Bapa, Anak dan Roh. Penyebutan Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh Kudus serupa dengan gagasan Sabelianisme atau Modalisme.

3.  Menurut Sabdono, Lucifer adalah mahluk istimewa yang tidak sama pula dengan malaikat (h. 26).

Tanggapan:
Kekeliruan di sini adalah bahwa Sabdono memahami nama Lucifer sebagai sebuah kebenaran mutlak padahal nama Lucifer digunakan oleh Alkitab Bahasa Inggris versi King James yang merupakan diambil dari Alkitab Bahasa Latin lucifer (tanpa huruf capital) yang merupakan terjemahan dari לליה (hilel).
Lucifer berarti bintang fajar, atau dahulu kala merujuk kepada Planet Venus.

Pada zaman dahulu, Planet Venus yang muncul di pagi hari dianggap sebagai bintang.
Lucifer karenanya juga berarti pembawa cahaya.
Dari situ dapat diketahui bahwa Lucifer sesungguhnya bukanlah suatu nama tetapi istilah dalam bahasa Latin yang merupakan padanan dari Bintang Fajar. Tidak ada rujukan lain, selain dalam Yehezkiel 28 dan Yesaya 14, yang berbicara langsung tentang Bintang Fajar.
Karenanya, tidak ada rujukan Alkitab bahwa Lucifer mahluk istimewa yang tidak sama dengan malaikat.
Istilah Setan (ןטת, Satan) digunakan dalam Perjanjian Lama sebanyak 18 kali dan tidak ada yang merujuk kepada keadaan Setan sebelum kejatuhan.

Kejatuhan Bintang Fajar dalam Yehezkiel dan Yesaya pun ditafsir dalam 2 bentuk tafsiran, yaitu pertama Bintang Fajar dipahami sebagai sepenuhnya raja manusia (Tirus dan Babel) dan kedua dipahami sebagai Iblis.
Artinya, ada dua bentuk tafsiran berbeda.

4. Sabdono mengatakan bahwa Lucifer bukan kerub (Yeh. 28:14) walaupun ia mengakui bahwa ada terjemahan bahasa Inggris yang menerjemahkan bahwa Lucifer adalah kerub.

Tanggapan:
Sabdono  mengabaikan   bahwa    mayoritas  terjemahan  Inggris menerjemahkan Lucifer sebagai kerub. 4 terjemahan bahasa Jerman pun menerjemahkannya sebagai kerub (di antaranya:
DEB: Du warst ein schirmender, gesalbter Cherub,).
Terjemahan bahasa Belanda (Dutch Staten Vertaling) juga menerjemahkannya sebagai kerub (Gij waart een gezalfde, overdekkende cherub).
Begitu juga terjemahan Perancis (French Louis Segond): Tu étais un chérubin protecteur.
Dalam LXX: μετὰ τοῦ χερουβ ἔθηκά σε (terj.: You were placed with the cherub).

Kata μετὰ menunjuk asosiasi, atau dengan kata lain, Bintang Fajar ini sama dengan cherub. Dalam Tanakh: חשממ בורכ־תא (at kherub mimshakh) (terj: Engkau adalah kherub yang diselubungi.)
Dari semua terjemahan yang ada, maupun LXX dan Tanakh, jelas menunjukkan bahwa yang dimaksud adalah bahwa Lucifer adalah kherub.

Menafsirkan Bintang Fajar bukan sebagai kerub apalagi lebih tinggi dari kerub mengabaikan baik teks asli Ibrani, LXX maupun terjemahan-terjemahan yang ada.
Mengingat bahwa Sabdono bukan ahli bahasa Ibrani pendapatnya yang justru berbeda dari baik teks asli Ibrani, LXX maupun terjemahan-terjemahan yang ada justru menunjukkan terjemahannya keliru sama sekali.

5. Sabdono mengatakan bahwa gagasan Lucifer sebagai malaikat yang jatuh tidaklah alkitabiah.

Tanggapan:
Pernyataan ini justru yang tidak alkitabiah.
Dua nama malaikat yang disebut dalam Alkitab, yang dipahami sebagai penghulu malaikat, yaitu pertama Gabriel (berasal dari Geber el, manusia Allah) yang dipahami secara umum sebagai archangel (ἀρχάγγελος, arkhaggelos, gabungan dari arkhe aggelos, malaikat kepala), disebut  sebagai  malaikat,  ἄγγελος  (lihat  Lk.  1:19;  26).

Kedua  Mikhael.  Dalam Perjanjian Lama, Mikhael disebut ἄρχων atau pemimpin (Dan. 10:21; 12:1).
Dalam Perjanjian Baru, Mikhael disebut penghulu malaikat archangel (ἀρχάγγελος, arkhaggelos) (Jud. 1:9) dan dalam Why. 12:7 Mikhael disebut memiliki malaikat- malaikat.

Teks tersebut juga menyatakan bahwa naga (δράκοντος·, drakontos), yang menjadi musuh Mikhael, juga memiliki malaikat-malaikat.
Jika naga itu adalah Setan atau Iblis, maka teks ini jelas hanya menaruh naga setara dengan Mikhael.
Jika Mikhael adalah penghulu malaikat yang juga adalah malaikat, maka naga tersebut juga tidak lebih dari penghulu malaikat atau malaikat.
Bila naga ini Lucifer, walaupun tidak ada kaitan langsung antara naga ini dengan Lucifer, maka naga ini hanyalah mahluk  yang  sekelas  dengan  Mikhael,  yang  walaupun  ἀρχάγγελος  (penghulu malaikat) namun tetap hanya άγγελος (malaikat). Apakah Allah hanya memiliki tiga penghulu malaikat (bila Lucifer dianggap salah satunya), atau lebih dari tiga, Alkitab tidak menyatakan apa-apa. Karenanya, tidak  tepat untuk menyimpulkan apapun terkait malaikat-malaikat, bila Alkitab tidak menceritakannya. Mengorek-orek hal ini hanya memberikan hasil keluar dari Alkitab dan dari intensi Alkitab.

6. Piktogram ןטת yang berasal dari huruf sin, tet dan nun diartikan oleh Sabdono sebagai the consuming and destroying snake that surround the whole life (hal. 32).

Tanggapan:
Tafsiran  dari  piktogram  tidak  dapat dijadikan  landasan  sebuah kebenaran karena itu merupakan eisegesis (memasukkan gagasannya sendiri ke dalam teks Alkitab).
Alkitab sendiri tidak memberikan definisi Setan berdasarkan piktogram seperti itu.

7. Sabdono mengatakan bahwa Lucifer diciptakan segambar dengan Allah sendiri.

Sabdono menyimpulkan hal ini dari Yeh, 28:12: “Gambar dari kesempurnaan engkau”.

Tanggapan:
Frase ini hanya menggambarkan keadaan Lucifer sebelum kejatuhan dan bukan menunjukkan bahwa ia diciptakan segambar dengan Allah.

8.  Allah tidak langsung membinasakan Lucifer karena tindakan Lucifer belum bisa dibuktikan  bersalah  selama  tidak  ada  verifikasi atau  pembuktian  bahwa  Lucifer bersalah. Karenanya harus ada semacam corpus delicti bahwa Lucifer bersalah (hal. 41, 42).

Tanggapan:
Alkitab sendiri mengatakan bahwa telah ditemukan kecurangan dari Lucifer (Yeh, 28:15). ‘Kecurangan’ merupakan terjemahan dari Ibr. התלוע (awlatah) dan Yun. ἀδικήματα yang berarti tidak benar atau perbuatan jahat.

Kecurangan dalam terjemahan Indonesia atau התלוע (awlatah) dan Yun. ἀδικήματα jelas menunjukkan adanya tolok ukur.
Sesuatu dikatakan jahat atau tidak benar bila ada tolok ukurnya sehingga saat Alkitab berkata Lucifer curang, maka saat itu sudah ada tolok ukurnya dan tidak perlu membutuhkan tolok ukur lain yaitu corpus delicti.
Dalil untuk menghadirkan corpus delicti terlalu lemah dan malah tidak alkitabiah. Alkitab sama sekali tidak menyatakan hal tersebut.

KONKLUSI:
Dari kajian-kajian di atas, belum termasuk buku-buku dan khotbah- khotbah lainnya, cukup banyak pengajaran yang diklaim Sabdono “berkembang” itu ternyata tidak sama bahkan berbeda, bukan hanya dengan ajaran GBI melainkan juga dengan pengajaran gereja dan kekristenan pada umumnya! Banyak kajian Sabdono, walaupun menggunakan ayat-ayat Alkitab, namun merupakan buah pikiran pribadi yang bersifat eisegese (memasukkan gagasannya sendiri ke dalam teks Alkitab, padahal Alkitab sendiri tidak memaksudkan nya demikian).

Akibatnya muncul pandangan yang tidak lazim dan menyimpang dari kepercayaan umat Kristen pada umumnya yang bertitik tolak dari Alkitab.

Sumber: Departemen Teologia Gereja Bethel Indonesia.

Renungan khotbah Kristen
ARTIKEL RENUNGAN MOTIVASI Updated at:

 
back to top