16.11.18

Manfaat Air Kelapa Panas

Air kelapa panas
Sebarkan.!!!

Profesor Chen Huiren dari Rumah Sakit Umum Angkatan Darat Beijing menekankan bahwa jika setiap orang yang menerima buletin ini dapat meneruskan sepuluh salinan kepada orang lain, pasti setidaknya satu kehidupan akan diselamatkan ...
Saya telah melakukan bagian saya, semoga Anda juga dapat membantu bagian Anda. terima kasih!

Air kelapa panas bisa menyelamatkan Anda seumur hidup

Lihatlah lagi, lalu beri tahu yang lain,
Sebarkan cinta keluar!

Kelapa panas ~ dapat membunuh sel kanker!

Potong 2 hingga 3 serpihan kelapa tipis dalam secangkir, tambahkan air panas, itu akan menjadi "air alkali", minum setiap hari, itu baik untuk siapa saja.

Baca juga: MANFAAT AIR NANAS PANAS BAGI KESEHATAN TUBUH ATASI KANKER GANAS DAN TUMOR GANAS

Air kelapa panas melepaskan zat anti kanker, yang merupakan kemajuan terbaru dalam pengobatan kanker yang efektif di bidang medis.

Sari buah kelapa panas memiliki efek untuk membunuh kista dan tumor. Terbukti untuk memperbaiki semua jenis kanker.

Air kelapa panas dapat membunuh semua kuman dan racun dari dalam tubuh akibat dari alergi

Jenis pengobatan dengan ekstrak kelapa hanya menghancurkan sel-sel ganas, itu tidak mempengaruhi sel-sel sehat.

Selain itu, asam amino dan polifenol kelapa dalam jus kelapa dapat mengatur tekanan darah tinggi, efektif mencegah penyumbatan pembuluh darah dalam, menyesuaikan sirkulasi darah dan mengurangi pembekuan darah.

Setelah membaca, beri tahu yang lain, keluarga, teman, sahabat, suami, istri, anak dll.
Sebarkan cinta!
Jaga kesehatan Anda sendiri.

Renungan khotbah Kristen
ARTIKEL RENUNGAN MOTIVASI Updated at:

ANIES BASWEDAN GUBERNUR TERHEBAT ----->Lihat apa kata Mereka


































Renungan khotbah Kristen
ARTIKEL RENUNGAN MOTIVASI Updated at:

RENUNGAN KRISTEN | MOTIVASI HIDUP | ARTI SEPASANG SEPATU

            👠SEPATU👞

                                       
1. Bentuknya tidak       
    persis sama,
    namun serasi.

2. Saat berjalan tak     
    pernah kompak,
    tapi tujuannya         
    sama.

3. Tak pernah ganti     
     posisi,
     namun saling         
     melengkapi.

4. Tidak pernah ganti 
     pasangan
     walau sudah usang
     dan karena
     dimakan usia.

5. Sederajat, namun   
    tidak ada yang
    merasa lebih tinggi 
    atau lebih rendah.
 
6. Bila yang satu.         
     hilang, yang lain
     tidak memiliki arti.

7. Tidak pernah saling
     injak ataupun saling
     tendang.

8. Walau tidak pernah
    jalan bergandengan tetapi
    s'lalu yang satu didepan
     yang lain dibelakang
     Dan juga tidak akan
     pernah meninggalkan satu
     sama yang lain. 

SEPATU =
SE jalan sam PA i TU juan

Sepasang SEPATU bisa menjadi contoh terbaik bagi arti sebuah kebersamaan dalam berorganisasi dan persaudaraan.
Semoga bermanfaat bagi kita.

👉Bagikan jika Bermanfaat...🙏🙏🙏

Renungan khotbah Kristen
ARTIKEL RENUNGAN MOTIVASI Updated at:

12.11.18

TANGGAPAN GBI TERHADAP AJARAN Pdt. Dr. Erastus Sabdono

TANGGAPAN GEREJA BETHEL INDONESIA TERHADAP AJARAN PDT. DR. ERASTUS SABDONO

Sehubungan dengan klaim Pdt. Erastus Sabdono (ES) yang menyatakan bahwa pengertian/pengajarannya telah “berkembang” sehingga berbeda dan tidak bisa menyesuaikan diri lagi dengan pengajaran Gereja Bethel Indonesia (GBI), sehingga menyatakan diri keluar dari Sinode GBI dan membentuk Sinode baru, maka dengan ini kami memberikan penjelasan tentang beberapa perbedaan antara ajaran Pdt. Erastus dengan pengajaran GBI, yang intinya meliputi hal sebagai berikut:

1.  ES: Allah  itu  Dwitunggal.
Roh Kudus selalu  menyatu dengan kehendak Bapa, sehingga Roh Kudus adalah pribadi ketiga yang relatif, tidak mutlak.
Berbeda dengan Yesus yang ketika menjadi manusia bisa memiliki kehendak yang berbeda dengan Bapa, sehingga ada risiko terpisah selamanya dari Bapa. Lagi pula Bapa, Anak dan Roh Kudus itu tidak setara.

GBI: Allah itu Tritunggal.
Satu hakekat tapi memiliki tiga pribadi yang setara yaitu: Bapa, Anak dan Roh Kudus.
Bisa dibedakan namun tidak bisa dipisahkan. Pandangan ES bukan hanya berbeda dengan ajaran GBI tapi dengan konsep gereja secara umum yang dirumuskan dalam konsili Nicea tahun 325 M.

KLIK ARTIKEL RENUNGAN KRISTEN LAINNYA

2.  ES: Ada dua standar keselamatan dan kemuliaan, yaitu bagi orang yang percaya Injil dan sempurna akan mengalami kemuliaan dan memerintah bersama Yesus. Sedangkan orang yang belum mendengar Injil namun berbuat baik bisa selamat dan menjadi anggota masyarakat dalam dunia yang akan datang.
Di Langit Baru bumi Bumi Baru (LB3) masih ada dosa dan hukuman Tuhan bagi masyarakat yang tidak taat, karena Tuhan akan memerintah dengan tongkat besi (Why. 2:27).

GBI: Menurut Yoh. 14:6, keselamatan hanya melalui Yesus Kristus.
Tidak ada catatan Alkitab bahwa orang yang belum mendengar Injil namun berbuat baik bisa selamat.  Di langit baru dan bumi baru semua sudah disucikan, tidak ada lagi dosa.
Memang di Kerajaan 1000 tahun damai di bumi yang mendahului langit baru dan bumi baru masih ada dosa, namun dosa tidak ada dalam kekekalan di langit baru dan bumi baru, dengan Yerusalem Baru sebagai ibukotanya.

3.  ES: Di Sorga masih ada perkawinan, dengan demikian masih ada hubungan seksual.

GBI: Di Sorga manusia akan hidup seperti malaikat, tidak kawin dan mengawinkan. Kasihnya agape bukan lagi eros. Perkawinan adalah lambang hubungan Kristus dan jemaat-Nya.

4.  ES: Lucifer bukan malaikat, tapi diciptakan sebagai anak Allah.  Ada tiga anak terkemuka Allah Bapa: Yesus, Lucifer, dan Adam.
Lucifer adalah pangeran Kerajaan Tuhan di sorga yang kemudian jatuh dalam dosa.
Adam gagal mengalahkan Lucifer, tapi Yesus berhasil mengalahkannya.

GBI: Lucifer bukan anak Allah yang diciptakan lebih tinggi dari pada malaikat. Dia adalah malaikat yang kemudian jatuh dalam dosa.

5.  ES: Lucifer belum terbukti bersalah hingga ada corpus delicti (bukti bahwa kejahatan itu telah terjadi). Ketaatan Yesus di kayu salib dan ketaatan orang percaya yang mengikuti gaya hidup Yesus (Why. 12:11) membuktikan  Iblis bersalah.
Manusia diciptakan untuk mengalahkan Iblis dengan membuktikan bahwa Iblis salah karena manusia bisa taat sempurna kepada Allah, sedangkan Iblis tidak.

GBI: Alkitab, Firman Allah sendiri sudah menyatakan Iblis salah karena ditemukan telah kecurangan padanya (Yeh. 28:15).
Ini tidak harus dibuktikan dulu dengan menunggu ketaatan manusia, karena Yesus lah yang telah mengalahkan Iblis. Lagi pula manusia diciptakan bukan untuk membuktikan Iblis salah, tapi untuk memuliakan Allah (Yes. 43:7).

Kajian  teologis  lebih  lengkap  bisa dipelajari  melalui  penelaahan  terhadap beberapa buku dan khotbah Erastus Sabdono, serta tanggapannya bawah ini:

A. Sabdono, Erastus. Roh Kudus. Jakarta: Rehobot Literatur: 2018.

1.  Sabdono mengatakan bahwa Roh Kudus bisa dikatakan sebagai Pribadi ketiga secara relatif.
Kalau Roh Allah atau Roh Kudus bisa dikatakan mutlak sebagai Pribadi Ketiga, maka penjelasan mengenai Allah yang Esa menjadi sangat sulit dan kacau (hal. 15). Roh Kudus dipahami tidak terpisah dari Bapa.

Tanggapan:
Tidak demikian menurut kesaksian Alkitab dan Bapa-bapa Gereja.
Bapa, Anak dan Roh Kudus adalah satu substansi/hakekat (ousia) dan adalah tiga pribadi yang setara.
(hypostasis) (J.N.D. Kelly, Early Christian Doctrines, London: A & C Black, 1965, hal .88).
Roh Kudus adalah Pribadi ketiga Allah yang mutlak dan bukan relatif.

2.  Saat Tuhan Yesus menjadi manusia, Ia memiliki risiko kemungkinan terpisah dari Allah Bapa selamanya.
Perpisahan Pribadi dengan Bapa ini membuka kemungkinan Tuhan Yesus memiliki kehendak sendiri yang berbeda dengan Bapa (hal. 19, 22-23). Tanggapan:
Yesus sendiri justru berkata bahwa Ia dan Bapa adalah satu (Yoh, 10:30).

Berikutnya, bila  ada  kemungkinan Yesus  terpisah  dari Allah  atau  Bapa selamanya, maka keallahan bisa berubah dari tiga menjadi dua. Sementara Allah tidak berubah (Ay. 23:13; Mzm. 102:28; Yes. 48:12; Mal. 3:6; Ibr. 1:12; 13:8).

Jika Allah berubah, Ia bukan Allah, karena yang berubah itu adalah ciptaan dan bukan Pencipta.
Pemahaman Yesus yang bisa gagal dan terpisah dari Allah selamanya juga menunjukkan pemahaman keallahan yang bersifat politeistik di mana dewa-dewa bisa berhenti menjadi dewa.

3.  Roh Kudus dipahami menyatu dengan Bapa dan tidak terpisah, sementara Yesus benar-benar terpisah dari Bapa.
Dan seperti di atas, keterpisahan dari Bapa dapat membuat Yesus terpisah selamanya bila tidak taat kepada Bapa (hal. 14, 15).
Dengan demikian Allah belum tentu Tritunggal namun bisa Dwitunggal.

Tanggapan:
Ini sebetulnya bukan lagi tritunggal melainkan dwitunggal, karena yang benar-benar terpisah adalah Bapa dan Anak. Namun anehnya, Anak bisa benar- benar terpisah selamanya dari Bapa dan tidak menjadi bagian dari Tritunggal lagi.

4.  Penekanan yang berulang-ulang diberikan adalah bahwa Roh Kudus keluar dari Bapa dan adalah Roh Allah.

Tanggapan:
Jika Roh Kudus keluar dari Bapa dan tidak keluar dari Anak, maka roh siapakah yang anak miliki?
Apakah Anak tidak memiliki Roh?
Padahal Alkitab menyaksikan bahwa ada Roh Yesus dalam. Kis. 16:7:
“Dan setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka” dan juga  dalam  Flp, 1:19:  “karena  aku  tahu,  bahwa  kesudahan  semuanya  ini ialah keselamatanku oleh doamu dan pertolongan Roh Yesus Kristus”.
Jika Roh Kudus hanyalah Roh yang keluar dari Bapa, lalu Roh Yesus atau Roh Yesus Kristus ini roh siapa, jika bukan Roh Kudus?
Sebaliknya, jika Roh Yesus atau Roh Yesus Kristus juga dipahami sebagai Roh Kudus, maka dalil Sabdono gagal total.

Selain istilah Roh Yesus dan Roh Yesus Kristus, Perjanjian Baru juga menggunakan istilah Roh Kristus dalam Rm. 8:9: “Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu.
Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.” 1 Pet. 1:11: “Dan mereka meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, yang ada di dalam  mereka, yaitu  Roh  yang sebelumnya  memberi kesaksian  tentang  segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu”.
Jika Roh Kudus hanyalah Roh yang keluar dari Bapa, maka roh siapakah Roh Kristus ini? Apakah ada roh lain sehingga Allah ada 4 pribadi?

Berikutnya, Gal. 4:6 menyebutkan: “Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: “ya Abba, ya Bapa!”. Roh Anak-Nya yang dimaksud jelas adalah Roh Yesus Kristus.
Lalu, jika Roh Kudus menurut Sabdono hanyalah Roh Allah yang keluar dari Bapa, lalu Roh Anak-Nya ini roh siapa?

Sebaliknya, penyebutan bergantian antara Roh Allah dan Roh Kristus dalam Rm. 8:9 menunjukkan bahwa Roh Allah dan Roh Kristus adalah satu.
Itu berarti Roh Allah atau Roh Kudus sama dengan Roh Kristus. Ini berarti dalil Sabdono juga gagal ketika ia membedakan antara Bapa dengan Anak tetapi menyamakan Bapa dengan Roh Kudus.

5.  Bapa tidak mahahadir. Anak juga tidak mahahadir. Anak ada di sebelah kanan Bapa.

Bapa menjadi mahahadir karena Roh Kudus yang ada di mana-mana (hal. 15).

Tanggapan:
Walaupun Sabdono bersitegas bahwa Roh Allah adalah bagian dan keluar dari Bapa, namun pada sisi lain menunjukkan perbedaan antara Bapa dengan Roh Kudus, yaitu Bapa hanya ada di surga dan tidak mahahadir (omnipresent) dan kehadiran Allah lebih disebabkan karena Roh Kudus yang hadir di mana-mana.

Terlihat bahwa Sabdono memahami bahwa Bapa dan Anak tidak mahahadir dan hanya Roh Kudus yang mahahadir  dan memberikan penekanan yang sangat berlebihan pada ketigaan Allah pada satu sisi dan keterbatasan Bapa dan Anak pada sisi lain dan ini bukan ajaran kekristenan.

Berikutnya, dalam Rm, 8:10 dikatakan: “Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran”.
Jika Kristus hanya diam di surga, maka tidak mungkin Kristus ada di dalam orang percaya. Dan Kristus yang disebutkan dalam ayat 10 ada dalam orang percaya ini, pada ayat 9 disebut sebagai Roh Allah dan Roh Kristus.

Jadi dengan kata lain, pemisahan yang ketat antara Bapa dengan Anak sementara Bapa dengan Roh Kudus tidak, namun Bapa diam di sorga menjadi keliru, karena dalam teks ini, Kristus yang diam dalam diri orang percaya juga adalah Roh Allah yang juga adalah Kristus.

Pada satu sisi, ini menunjukkan kekeliruan pemahaman Sabdono bahwa ada keterpisahan yang kuat antara Bapa, Anak dan Roh namun juga bahwa Roh Kudus hanyalah Roh Bapa.
Teks Rm 8:9, 10 menunjukkan bahwa Roh Kudus adalah juga Roh Allah adalah juga Roh Kristus dan ketiganya adalah satu.

B.  Buku: Sabdono,  Erastus.  Keselamatan di luar Kristen. Jakarta: Rehobot Literatur, 2016.

1.   Sabdono menyatakan bahwa ada dua standar dalam keselamatan. Pertama adalah bagi orang yang mendengar Injil dan kedua adalah mereka yang tidak mendengar Injil. Kualitas keselamatannya pun dengan demikian berbeda.

Keselamatan bagi orang percaya berarti dikembalikan kepada gambar Allah semula sehingga suatu hari nanti dilayakkan bersama dengan Tuhan dalam kemuliaan.
Keselamatan bagi orang yang tidak mengenal Injil adalah diperkenankan masuk dunia yang akan datang sebagai anggota masyarakat (hal. 65).

Tanggapan:
Tidak ada dalam Alkitab yang menyatakan bahwa di dunia yang akan datang, akan ada anggota masyarakat yang merupakan orang-orang yang belum mendengar Injil.

2.   Sabdono mengatakan bahwa bila orang Kristen gagal mencapai keberkenanan di hadapan Bapa atau tidak sempurna, namun didapati berbuat baik menurut Tuhan, maka akan digolongkan kelompok orang yang berbuat baik yang diperkenan masuk dunia yang akan datang atau menjadi anggota masyarakat.
Tetapi bila mereka berbuat jahat, maka mereka dibuang ke dalam lautan api (hal. 66).

Tanggapan:
Ini juga tidak ada dalam Alkitab.
Siapa yang dapat sempurna?

3. Bagi mereka yang menerima anugerah keselamatan, ia harus meresponi panggilan untuk sempurna seperti Bapa (Mt. 5:48).

Tanggapan:
Mt, 5:48: “Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.” Beberapa teks bahasa Inggris menuliskan:

“Therefore be perfect” (MKJV); “Ye therefore shall be perfect, as your heavenly Father is perfect” (ASV); So be perfect, as your heavenly Father is perfect.”
“Be then complete in righteousness, even as your Father in heaven is complete” (BBE).

Dalam teks Yunani:
ἔσεσθε οὖν φμεῖς τέλειοι, ὥσπερ ὁ πατὴρ φμῶν ὁ ἐν τοῖς ουρανοῖς τέλειός ἐστιν.

Dalam bahasa Indonesia dikatakan “haruslah kamu sempurna” di mana “haruslah” berbentuk KALA KINI dan IMPERATIF.

Dalam teks Yunani digunakan kata ἔσεσθε yang berbentuk KALA FUTUR dan INDIKATIF.
Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, maka yang tepat adalah:
“you shall be perfect” atau “you will be perfect”.

Dalam bahasa Indonesia maka lebih tepat diterjemahkan
“kamu akan menjadi sempurna”.
Kata “Karena itu” merujuk kepada ayat-ayat sebelumnya, di mana Yesus membandingkan Taurat dengan ajaran-Nya di mana Ia datang bukan untuk meniadakan Taurat melainkan menggenapinya (πληρῶσαι, yang berarti juga menaikkan atau menyempurnakan). “Karena itu” merujuk pasal 5:1-47, yaitu artinya, kalau kita melakukan semua yang dijabarkan di atas, kita akan sempurna.

Jadi yang terpenting, atau yang jadi fokus, bukanlah menjadi sempurna, tetapi melakukan kehendak Tuhan Allah, yaitu bahwa Ia bukan hendak menghapuskan Taurat, tetapi menggenapi (menyempurnakan), yaitu dari gigi ganti gigi dan mata ganti mata, menjadi tampar pipi kanan berikan pipi kiri, jalan satu mil, jalan dua mil, diminta baju, berikan juga jubah, berzinah bukan lagi pada tindakan tetapi pada keinginan, dll, itu semua yang Tuhan bicarakan dan itu yang dimaksud dengan “karena itu” atau “jika kamu melakukan itu, kamu akan menjadi sempurna”.

Berikutnya, kata ‘sempurna’ merupakan terjemahan dari τέλειός (teleios) yang berarti sempurna, tetapi juga lengkap, utuh, matang, dewasa dan berintegritas. Bila melihat keseluruhan pasal, maka kata τέλειός lebih tepat diterjemahkan berintegritas atau utuh.

Jadi kesempurnaan yang diacu bukanlah:
kamu harus sempurna, tetapi yang benar adalah: KAMU AKAN MENJADI BERINTEGRITAS, UTUH, SEPERTI BAPA kalau kamu melakukan apa yang dijabarkan di pasal 5, seperti yang Yesus jabarkan.
Sebaliknya, bila sempurna yang Sabdono ajarkan adalah sempurna mutlak seperti Bapa, maka tiada seorangpun yang dapat sempurna seperti Allah dan secara silogistik  tidak ada  yang selamat karena menurut Sabdono, semua orang yang menerima anugerah harus sempurna seperti Bapa (hal. 66).

C. Rekaman youtube Seminar Erastus Sabdono, Perceraian Sesi 2

Pada waktu 1:16:13, dalam link:
https://www.youtube.com/watch?v=F2bnDR- PUT0&t=4637s, pada sesi tanya jawab, penanya pertama dibacakan oleh moderator, transkripsinya adalah sbb.:

Penanya:
Apakah pasangan saya yang sudah meninggal di bumi adalah pasangan saya di LB3 (ket: Langit Baru Bumi Baru) atau Tuhan menyediakan yang lain?

Sabdono:
Jawabannya cuma satu,  Tuhan yang tahu, oke, tetapi menurut saya, idealnya pasangan di bumi menjadi pasangan selamanya.

Tanggapan:
Yang menjadi rujukan adalah:
Mat,  22:23-33 di mana pertanyaan orang- orang Saduki kepada Yesus tentang siapa yang menjadi suami dari wanita yang telah menikah 7 kali suami dan adik-adik suaminya (perkawinan levirat) di surga nanti dan Tuhan menjawab bahwa manusia hidup di surga seperti malaikat tidak kawin dan dikawinkan (Mt. 22:30).

Ini dipahami sebagai ketiadaan perkawinan levirat di surga dan bukan ketiadaan perkawinan di surga.
Ini keliru. Tidak perkawinan di surga! Yesus jelas justru menolak gagasan ada perkawinan di surga.
Kehidupan manusia adalah sama dengan malaikat di surga.

D. Buku: Sabdono, Erastus. Lucifer, Jakarta: Rehobot Literature, 2016

1.  Menurut Sabdono, Lucifer dipahami sebagai anak Allah.
Dasarnya adalah dalam Kitab Ayub, malaikat-malaikat Allah disebut bene haelohim (םיהלאה ינב) dalam Tanakh (Ay. 1:6; 38:7) yang arti harfiahnya adalah anak-anak Allah (hal. 13).
Ia juga mengutip Ibr. 12:9 yang menyatakan bahwa Allah adalah “Bapa segala roh” (πατρὶ τῶν πνευμάτων) yang dipahami sebagai asal-muasal segala roh, termasuk malaikat.

Karenanya, malaikat-malaikat dapat disebut anak-anak Allah.
Lucifer juga memiliki roh dari Bapa dan karenanya ia adalah anak Allah Bapa yang istimewa.
Pada mulanya, Lucifer adalah anak Allah.
Sejak ia jatuh, ia bukan lagi anak Allah (hal. 13). Karena itu, Lucifer, yang dipahami sebagai salah satu malaikat, berarti juga adalah Anak Allah.

Tanggapan:
Kelemahan  dalam  gagasan  ini  adalah bahwa  dalam  terjemahan Septuaginta, bene Elohim diterjemahkan sebagai aggeloi tou Theou.

Artinya, para penerjemah LXX memahami bahwa istilah bene Elohim merujuk kepada malaikat-malaikat dan tidak memberikan suatu pengertian tersendiri atau terpisah pada Lucifer.

2. Menurut  Sabdono,   Lucifer   bukan   malaikat,   karena   ia   diciptakan   dalam kesempurnaan.
Selain itu, Alkitab tidak pernah menyebut Lucifer sebagai malaikat. Kemudian, komponen yang ada pada Allah juga ada padanya (hal. 54).

Tanggapan:
Argumentasi ini membingungkan. Komponen Allah  yang ada pada Lucifer itu komponen apa?
Diciptakan dalam kesempurnaan yang dimaksud hanya karena ada 1 ayat yang menyatakan ia tidak bercela.
Tidak bercela dipahami sebagai kesempurnaan.
Tidak bercela, dalam teks asli adalah םימתּ (tamiym)  yang menurut BDB berarti complete, whole, sound (lengkap, utuh, menyeluruh).
Tidak ada yang mengindikasikan sebuah kesempurnaan yang utopis apalagi mengandung komponen Allah. Komponen Allah pun tidak jelas yang dimaksud.

3. Menurut Sabdono, Lucifer diciptakan segambar dengan Allah karena ia adalah gambar dari kesempurnaan (Yeh. 28:12) (h. 59 & 79).
Lucifer adalah mahluk ciptaan Tuhan yang memiliki keberadaan seperti Allah.

Kesempurnaan menunjuk kepada kualitas  Allah  sendiri  (hal.  59).
Ia  diciptakan  sudah  dalam kesempurnaan  yang permanen (hal. 59).

Tanggapan:
Mengingat tamiym sudah dijelaskan di atas, maka jelas Lucifer tidak memiliki keberadaan seperti Allah.
Dia makhluk biasa seperti ciptaan lainnya.

4. Menurut Sabdono, Lucifer memiliki kedudukan lebih tinggi dari malaikat, bahkan lebih tinggi dari penghulu malaikat (Mikhael).
Karenanya, Lucifer adalah anak Allah yang istimewa sebelum jatuh dalam dosa dan mendapat pelayanan dari para malaikat di Eden (di surga) (hal. 61).

Tanggapan:
Dalam banyak terjemahan, Lucifer disebut sebagai kerub saja (MKJV, ESB, German Luther Bibel, Dutch Staten Vertaling, French Louis Segond).

5. Menurut Sabdono, ada tiga anak terkemuka Allah Bapa.
Pertama, Anak Tunggal Bapa, Tuhan Yesus Kristus yang keluar dari Bapa, kedua, Bintang Timur Putra Fajar (yaitu Lucifer) dan terakhir adalah Adam, namun Lucifer dan Adam diciptakan oleh Tuhan Yesus.
Lucifer adalah “putera” yang memberontak.
Adam gagal mengalahkan Lucifer.

Tuhan Yesus diutus untuk membinasakan pekerjaan Lucifer (hal. 61).
Lucifer adalah anak Allah yang memberontak kepada Bapanya (hal. 62).
Ia awalnya adalah pangeran Kerajaan Tuhan di surga (Yeh. 28:13).
Ia juga dahulunya adalah anak Allah yang diciptakan-Nya (hal. 92).

Tanggapan:
Alkitab tidak pernah menyaksikan bahwa ketiganya adalah Anak-anak Allah.

6. Menurut Sabdono, ketika Tuhan Yesus menunjukkan ketaatan-Nya sampai mati di kayu salib (menumpahkan darah), maka Iblis terbukti bersalah.
Kuasa atau kekuatan darah Tuhan Yesus terletak pada ketaatan-Nya kepada Allah Bapa (hal. 100).
Namun kemudian ia mengatakan bahwa Iblis (Lucifer) hanya bisa dikalahkan oleh darah Tuhan Yesus dan perkataan kesaksian mereka yang mengikuti gaya hidup Tuhan Yesus (Why. 12:11) (hal. 114).

Tanggapan:
Manusia tidak memiliki peranan sama sekali untuk menyatakan Lucifer bersalah.
Ayat yang digunakan adalah sebuah doksologi di dalam surga yang dilihat dalam penglihatan Yohanes. Ini tidak ada kaitan sama sekali dengan keselamatan.

7. Menurut Sabdono, manusia diciptakan untuk menggenapi rencana Bapa, yaitu mengalahkan Iblis dengan membuktikan bahwa ia (Iblis) bersalah (corpus delicti) (hal. 124, 152).

Tanggapan:
Rencana Bapa atas manusia bukanlah untuk mengalahkan Iblis karena Yesus telah mengalahkan Iblis.
Manusia diciptakan untuk memuliakan Allah (Yes.43:7) dan bukan untuk membuktikan bahwa Iblis salah.

E. Buku: Sabdono, Erastus. Corpus Delicti, Hukum Kehidupan, Jakarta: Rehobot Literature, 2016.

1.  Sabdono menyatakan bahwa darah Tuhan Yesus dan perkataan kesaksian mereka yang dikatakan “tidak menyayangkan nyawanya” (ini menunjuk orang percaya yang mengikuti gaya hidup Tuhan Yesus: Why. 12:11).

Ini menjadi dasar buku ini, di mana dikatakan  “akan  dikemukakan  secara panjang  lebar  dalam  tulisan  ini.

Dengan demikian harus ditegaskan bahwa yang dapat mengalahkan Iblis adalah Tuhan Yesus dan orang percaya yang memiliki kualitas seperti Tuhan Yesus sendiri” (hal. 9).

Tanggapan:
Pertama, buku ini menjadi sumber ajaran sentral sementara gagasan yang diambil hanya berasal dari 1 ayat, Why. 12:11, dan tiada lagi ayat lain dalam

Alkitab yang berbicara mengenai hal ini.

Dari segi metodologi tafsir, ini menjadi keliru, karena pokok yang sangat minor dalam Alkitab malah dijadikan pokok mayor, bahkan primer.

Kedua, ayat itu sendiri bukan dalam konteks soteriologis melainkan doksologis, yaitu ketika Yohanes memperoleh penglihatan tentang surga dan ada suara nyaring di surga yang memuliakan Allah.

Ketiga, kejadian yang dikisahkan sendiri belum tentu bicara tentang keadaan surga pada akhir zaman.

Ada setidaknya 3 jenis tafsiran untuk ini:

Pertama, melihat bahwa Naga dijatuhkan ke bumi dan mengejar wanita yang melahirkan Anak, maka ini justru berbicara tentang Maria yang mengandung  dan  melahirkan  Yesus.

Cukup  banyak  tafsiran  yang memahami demikian.
Ada yang menafsir bahwa wanita ini adalah Gereja.
Ada juga yang menafsir bahwa wanita ini adalah Israel dalam Perjanjian Lama yang akan menghadirkan Mesias,
(cf. Ranko  Stefanovic,  Revelation  of Jesus Christ,  Commentary  on  the Revelation, hal. 380).

Kemenangan orang-orang percaya atas Setan bukan atas dirinya sendiri, kesalehannya bahkan karena menjadi serupa dengan Kristus, melainkan karena karya salib Kristus belaka.

2.  Sabdono menyebut adanya Allah Anak yang ditujukan kepada Yesus dan ada Allah Bapa (hal. 25).

Tanggapan:

Penyebutan Allah Bapa, Allah Anak (dan dengan demikian Allah Roh Kudus) sesungguhnya tidak tepat karena Alkitab tidak pernah menyebut Allah Tritunggal seperti itu dan sepanjang sejarah Gereja, baik Bapa-bapa Gereja maupun gereja-gereja kemudian, tidak mengenali Allah Tritunggal sebagai Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh Kudus.

Yang dipahami oleh Alkitab, kemudian Bapa-bapa Gereja serta gereja-gereja kemudian, adalah bahwa kita percaya kepada Allah yang Esa yaitu Bapa, Anak dan Roh.

Allah adalah Bapa, Anak dan Roh. Penyebutan Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh Kudus serupa dengan gagasan Sabelianisme atau Modalisme.

3.  Menurut Sabdono, Lucifer adalah mahluk istimewa yang tidak sama pula dengan malaikat (h. 26).

Tanggapan:
Kekeliruan di sini adalah bahwa Sabdono memahami nama Lucifer sebagai sebuah kebenaran mutlak padahal nama Lucifer digunakan oleh Alkitab Bahasa Inggris versi King James yang merupakan diambil dari Alkitab Bahasa Latin lucifer (tanpa huruf capital) yang merupakan terjemahan dari לליה (hilel).
Lucifer berarti bintang fajar, atau dahulu kala merujuk kepada Planet Venus.

Pada zaman dahulu, Planet Venus yang muncul di pagi hari dianggap sebagai bintang.
Lucifer karenanya juga berarti pembawa cahaya.
Dari situ dapat diketahui bahwa Lucifer sesungguhnya bukanlah suatu nama tetapi istilah dalam bahasa Latin yang merupakan padanan dari Bintang Fajar. Tidak ada rujukan lain, selain dalam Yehezkiel 28 dan Yesaya 14, yang berbicara langsung tentang Bintang Fajar.
Karenanya, tidak ada rujukan Alkitab bahwa Lucifer mahluk istimewa yang tidak sama dengan malaikat.
Istilah Setan (ןטת, Satan) digunakan dalam Perjanjian Lama sebanyak 18 kali dan tidak ada yang merujuk kepada keadaan Setan sebelum kejatuhan.

Kejatuhan Bintang Fajar dalam Yehezkiel dan Yesaya pun ditafsir dalam 2 bentuk tafsiran, yaitu pertama Bintang Fajar dipahami sebagai sepenuhnya raja manusia (Tirus dan Babel) dan kedua dipahami sebagai Iblis.
Artinya, ada dua bentuk tafsiran berbeda.

4. Sabdono mengatakan bahwa Lucifer bukan kerub (Yeh. 28:14) walaupun ia mengakui bahwa ada terjemahan bahasa Inggris yang menerjemahkan bahwa Lucifer adalah kerub.

Tanggapan:
Sabdono  mengabaikan   bahwa    mayoritas  terjemahan  Inggris menerjemahkan Lucifer sebagai kerub. 4 terjemahan bahasa Jerman pun menerjemahkannya sebagai kerub (di antaranya:
DEB: Du warst ein schirmender, gesalbter Cherub,).
Terjemahan bahasa Belanda (Dutch Staten Vertaling) juga menerjemahkannya sebagai kerub (Gij waart een gezalfde, overdekkende cherub).
Begitu juga terjemahan Perancis (French Louis Segond): Tu étais un chérubin protecteur.
Dalam LXX: μετὰ τοῦ χερουβ ἔθηκά σε (terj.: You were placed with the cherub).

Kata μετὰ menunjuk asosiasi, atau dengan kata lain, Bintang Fajar ini sama dengan cherub. Dalam Tanakh: חשממ בורכ־תא (at kherub mimshakh) (terj: Engkau adalah kherub yang diselubungi.)
Dari semua terjemahan yang ada, maupun LXX dan Tanakh, jelas menunjukkan bahwa yang dimaksud adalah bahwa Lucifer adalah kherub.

Menafsirkan Bintang Fajar bukan sebagai kerub apalagi lebih tinggi dari kerub mengabaikan baik teks asli Ibrani, LXX maupun terjemahan-terjemahan yang ada.
Mengingat bahwa Sabdono bukan ahli bahasa Ibrani pendapatnya yang justru berbeda dari baik teks asli Ibrani, LXX maupun terjemahan-terjemahan yang ada justru menunjukkan terjemahannya keliru sama sekali.

5. Sabdono mengatakan bahwa gagasan Lucifer sebagai malaikat yang jatuh tidaklah alkitabiah.

Tanggapan:
Pernyataan ini justru yang tidak alkitabiah.
Dua nama malaikat yang disebut dalam Alkitab, yang dipahami sebagai penghulu malaikat, yaitu pertama Gabriel (berasal dari Geber el, manusia Allah) yang dipahami secara umum sebagai archangel (ἀρχάγγελος, arkhaggelos, gabungan dari arkhe aggelos, malaikat kepala), disebut  sebagai  malaikat,  ἄγγελος  (lihat  Lk.  1:19;  26).

Kedua  Mikhael.  Dalam Perjanjian Lama, Mikhael disebut ἄρχων atau pemimpin (Dan. 10:21; 12:1).
Dalam Perjanjian Baru, Mikhael disebut penghulu malaikat archangel (ἀρχάγγελος, arkhaggelos) (Jud. 1:9) dan dalam Why. 12:7 Mikhael disebut memiliki malaikat- malaikat.

Teks tersebut juga menyatakan bahwa naga (δράκοντος·, drakontos), yang menjadi musuh Mikhael, juga memiliki malaikat-malaikat.
Jika naga itu adalah Setan atau Iblis, maka teks ini jelas hanya menaruh naga setara dengan Mikhael.
Jika Mikhael adalah penghulu malaikat yang juga adalah malaikat, maka naga tersebut juga tidak lebih dari penghulu malaikat atau malaikat.
Bila naga ini Lucifer, walaupun tidak ada kaitan langsung antara naga ini dengan Lucifer, maka naga ini hanyalah mahluk  yang  sekelas  dengan  Mikhael,  yang  walaupun  ἀρχάγγελος  (penghulu malaikat) namun tetap hanya άγγελος (malaikat). Apakah Allah hanya memiliki tiga penghulu malaikat (bila Lucifer dianggap salah satunya), atau lebih dari tiga, Alkitab tidak menyatakan apa-apa. Karenanya, tidak  tepat untuk menyimpulkan apapun terkait malaikat-malaikat, bila Alkitab tidak menceritakannya. Mengorek-orek hal ini hanya memberikan hasil keluar dari Alkitab dan dari intensi Alkitab.

6. Piktogram ןטת yang berasal dari huruf sin, tet dan nun diartikan oleh Sabdono sebagai the consuming and destroying snake that surround the whole life (hal. 32).

Tanggapan:
Tafsiran  dari  piktogram  tidak  dapat dijadikan  landasan  sebuah kebenaran karena itu merupakan eisegesis (memasukkan gagasannya sendiri ke dalam teks Alkitab).
Alkitab sendiri tidak memberikan definisi Setan berdasarkan piktogram seperti itu.

7. Sabdono mengatakan bahwa Lucifer diciptakan segambar dengan Allah sendiri.

Sabdono menyimpulkan hal ini dari Yeh, 28:12: “Gambar dari kesempurnaan engkau”.

Tanggapan:
Frase ini hanya menggambarkan keadaan Lucifer sebelum kejatuhan dan bukan menunjukkan bahwa ia diciptakan segambar dengan Allah.

8.  Allah tidak langsung membinasakan Lucifer karena tindakan Lucifer belum bisa dibuktikan  bersalah  selama  tidak  ada  verifikasi atau  pembuktian  bahwa  Lucifer bersalah. Karenanya harus ada semacam corpus delicti bahwa Lucifer bersalah (hal. 41, 42).

Tanggapan:
Alkitab sendiri mengatakan bahwa telah ditemukan kecurangan dari Lucifer (Yeh, 28:15). ‘Kecurangan’ merupakan terjemahan dari Ibr. התלוע (awlatah) dan Yun. ἀδικήματα yang berarti tidak benar atau perbuatan jahat.

Kecurangan dalam terjemahan Indonesia atau התלוע (awlatah) dan Yun. ἀδικήματα jelas menunjukkan adanya tolok ukur.
Sesuatu dikatakan jahat atau tidak benar bila ada tolok ukurnya sehingga saat Alkitab berkata Lucifer curang, maka saat itu sudah ada tolok ukurnya dan tidak perlu membutuhkan tolok ukur lain yaitu corpus delicti.
Dalil untuk menghadirkan corpus delicti terlalu lemah dan malah tidak alkitabiah. Alkitab sama sekali tidak menyatakan hal tersebut.

KONKLUSI:
Dari kajian-kajian di atas, belum termasuk buku-buku dan khotbah- khotbah lainnya, cukup banyak pengajaran yang diklaim Sabdono “berkembang” itu ternyata tidak sama bahkan berbeda, bukan hanya dengan ajaran GBI melainkan juga dengan pengajaran gereja dan kekristenan pada umumnya! Banyak kajian Sabdono, walaupun menggunakan ayat-ayat Alkitab, namun merupakan buah pikiran pribadi yang bersifat eisegese (memasukkan gagasannya sendiri ke dalam teks Alkitab, padahal Alkitab sendiri tidak memaksudkan nya demikian).

Akibatnya muncul pandangan yang tidak lazim dan menyimpang dari kepercayaan umat Kristen pada umumnya yang bertitik tolak dari Alkitab.

Sumber: Departemen Teologia Gereja Bethel Indonesia.

Renungan khotbah Kristen
ARTIKEL RENUNGAN MOTIVASI Updated at:

11.11.18

SIAPA RAJA HUTANG.....?????

FAKTA
bukan dongeng yg banyak orang tidak tahu
SIAPA SESUNGGUHNYA SI RAJA HUTANG..???

1. Hindia Belanda - 4 Milyar USD
2. Soekarno - 2.3 Milyar USD
3. Suharto  - 61 Milyar USD
4. Habibie - 8.5 Milyar USD
5. Gus Dur - (minus) 3.76 Milyar USD
6. Mega - 11 Milyar USD
7. SBY - 211 Milyar USD
8. Jokowi  - 10.5 Milyar USD

Hutang yg 211 milyar USD, tdk ada hasil apa², digunakan utk impor dan korupsi. Kok gak pada rame..??
Sedangkan yg 10,5 milyar, utk bangun infrastruktur di-mana², kok jadi masalah.

Memang, bbrp orang kita mikirnya sudah kebolak-balik

#Suhardi :
Inilah 47 Prestasi Kepemimpinan Presiden Jokowi untuk memakmurkan rakyat dan kemajuan NKRI.

1. Membubarkan PETRAL yg bisa hemat anggaran sbsr Rp.250 miliar/hari.

2. Mencabut subsidi BBM, sehingga dananya dapat digunakan untuk berbagai hal yg produktif.

3. Meresmikan pembuatan jalan toll Trans Sumatera tahap I dari Lampung - Palembang - Indralaya.

4. Meresmikan dimulainya pembangunan PLTU Batang, Jawa Tengah dgn Kapasitas 2.000 MW yg mangkrak selama empat tahun.

5. Dimulainya pengairan Waduk Jatigede, Sumedang yg berfungsi untuk mengendalikan banjir di Indramayu, pengairan sawah sawah di Jawa Barat serta pembangunan PLTA dgn kapasitas 110 MW.

6. Pada Tanggal 09-09-15 dimulainya pembangunan jalur LRT jurusan Cibubur - Cawang dan Bekasi Timur - Cawang (info : Kemen PUPR).

7. Pada Tanggal 21-09-15, peresmian dioperasikannya Bor Raksasa untuk membuat terowongan dalam tanah guna jalur MRT trayek Lebak Bulus - KebayoranBaru - Senayan - Bundaran Hotel Indonesia.

8. Pemerintahan Jokowi menggelontorkan dana sbsr Rp.16 triliun untuk membangun infrastruktur di perbatasan Kalimantan dari Kalimantan Utara sampai Kalimantan Barat.

9. Pembangunan Pelabuhan Laut dalam di Papua : Sorong, Manokwari, Jayapura dan Merauke, serta infrastruktur pembuatan jalan yg menghubungkan kota kota di Papua.

10. Perusahaan Saudi Arabia ARAMCO akan membangun Kilang Minyak serta Storage BBM di Indonesia senilai Rp.140 triliun yg selama ini pembangunan Kilang Minyak tidak pernah terwujud sejak era Soeharto.

11. Dengan beroperasinya pada bln Nopember 2015 ini unit RFCC (Residual Fluid Catalytic Cracking) di Cilacap Jateng dan Kilang TPPI di Tuban Jatim, maka Import BBM Premium bisa berkurang 30% atau Negara bisa hemat Rp.150 M/hari, atau setara dgn 100 ribu Barrel per hari.

12. Kasus Lumpur Lapindo yg selama 8 tahun tidak selesai di era SBY, oleh Jokowi hanya dalam kurun waktu 8 bulan rampung ganti rugi semuanya diterima warga Sidoarjo.

13. Komite Explorasi Nasional (KEN) yg dibentuk pemerintah Jokowi pada tgl.12 Juni-2015 telah menemukan cadangan Minyak dan Gas di Indonesia Timur sebesar 5.2 miliar barrel untuk minyak sebanyak 2.7 miliar barrel dan untuk Gas14.TCF Gas.

14. Pemerintah targetkan pekerjaan Tol Trans Papua dirancang sepanjang 4.320 Km (Sorong - Manokwari - Wamena - Jayapura - Merauke) (Timika - Oksibil) tersambung pada tahun 2018 (info : Men PUPR Berita Satu TV-14.10.15)

15. Satu tahun Jokowi memimpin sudah membuat jalan Tol sepanjang 132.35 Km

16. Izin investasi untuk para investor yg ingin menanamkan modalnya di Indonesia di era SBY harus menunggu sampai 2 tahun (536 hari) Tetapi di era Jokowi urus Izin Investasi cukup dgn 3 jam.

17. Presiden Jokowi mengeluarkan Perpres No.115 tahun 2015 untuk Kementrian KP yg isinya tidak perlu ke Pengadilan lagi jika Satgas Ilegal Fishing menangkap Kapal Asing Pencuri Ikan bisa langsung tenggelamkan.

18. Dalam kurun waktu 9 bulan Jokowi bisa membayar sebagian hutang warisan peninggalan SBY sbsr Rp.293 triliun.

19. Sejarah baru Indonesia, dalam waktu 9 bulan Investasi masuk Rp.400 triliun, Jokowi memang ber keinginan kuat untuk membuat Indonesia sejahtera.

20. Mulai beroperasinya 6 rute Tol Laut Jokowi dari Tanjung Priok – Papua. Tanjung Priok – Natuna. Tanjung Perak – ke seluruh pelabuhan di NTT dan seluruh pelabuhan di Maluku serta seluruh pelabuhan di Papua dan Papua Barat.

21. Dalam satu tahun pemerintahan Jokowi sedang proses pekerjaan pembangunan 15 Bandara baru di wilayah terluar Indonesia, diantaranya Bandara di Miangas, Manokwari, Berau, Tual, Palu, Maumere, Tarakan, Aceh Tengah, Wakatobi , dll.

22. Pemerintahan Jokowi selama satu tahun dapat menurunkan Import Premium sbsr 37% dari semula 378.5 ribu BPH turun jadi 236 ribu BPH. Begitu juga dgn Solar importnya turun sebesar 84% dari semula sejumlah 121.3 ribu BPH turun menjadi 20.ribu BPH.

23. Setelah 40 tahun Presiden Italia tdk ke Indonesia datang menemui Presiden Jokowi tanggal. 9-11-15 untuk menandatangani MOU investasi sebesar USD.1,055 M atau setara dgn Rp.140 triliun dalam bidang Logistik, Industri Kulit, Industri Otomotif dan Furniture.

24. Presiden Jokowi meresmikan pabrik Pupuk terbesar di Asia Tenggara Pupuk Kaltim 5 Bontang dgn kapasitas produksi Ammonia 825.000 Ton per tahun dan produksi Urea 1.155.000 Ton per tahun, serta dimulainya pembuatan jalur Kereta Api Trans Borneo.

25. Keputusan besar telah diambil Presiden Jokowi, yaitu tidak lagi memperpanjang kontrak Freeport yg telah 45 tahun menggali Emas di Papua.

26. Jokowi Tanggal.25.11.2015 meresmikan pembuatan jalur rel kereta cepat Makassar-Pare Pare, diharapkan tahun 2019 sudah bisa beroperasi Kereta Api Trans Sulawesi dari Manado ke Makassar.

27. Ground breaking pembangunan jalur Kereta Cepat, Jakarta-Bandung di Walini, Bandung Barat.

28. Program pembangunan 1 juta rumah untuk rakyat, akhir Januari 2016 sudah terbangun 700 ribu unit rumah.

29. PLN mulai bln Februari.2016 menurunkan lagi tarif Listrik dgn daya dari 450 VA, 900 VA, 1300 VA, 2200 VA dan 4400 VA.

30. Kapal khusus angkut Sapi Camara Nusantara I, berhasil angkut 500 ekor Sapi ke Jakarta dari NTT & NTB, diusahakan setiap bln bisa angkut 1.000 ekor sapi.

31. Sejak 50 tahun lalu Warga Sulawesi Utara dan Gorontalo kekurangan Listrik, sekarang sudah bisa merasakan aliran listrik selama 24 jam mulai Januari 2016 karena PLTG Apung yg dikirim Jokowi bln Desember 2015 sudah berfungsi full berdaya 120 MW.

32. Sebanyak 2.519 Desa di Indonesia Timur akan mendapatkan aliran Listrik di tahun 2016 – info : Kemen ESDM 18-12-2016.

33. Hari ini tgl.29.02.2016 sebanyak 3.898 rumah tangga di Sorong telah bisa menikmati Gas Alam untuk memasak.

34. Presiden Jokowi programkan dari tahun 2014-2019 akan membangun 49 waduk di seluruh Indonesia untuk mengairi persawahan, tahun 2015 sedang dikerjakan 13 Waduk dan tahun 2016 sedang dikerjakan 8 waduk.

35. Waduk yg sedang di kerjakan sejak tahun 2015 : Waduk Raknamo - Kupang. Waduk Pidekso - Wonogiri. Waduk Logung - Kudus. Waduk Lolak - Boolang Mongondow. Waduk Kruereto - Aceh. Waduk Passaloreng-Wajo. Waduk Tanju-Dompu NTB. Waduk Bintang Bano-Sumbawa Barat. Waduk Mila-Dompu NTB. Waduk Kairan - Lebak. Waduk Tapin - Tapin Kalsel. Waduk Rotiklot - Belu NTT. Waduk Telaga Jawa - Karang Asem Bali.

36. Waduk yg mulai dikerjakan tahun 2016 : Waduk Rukoh - Aceh. Waduk Sukoharjo - Lampung. Waduk Kuwil Kawangkoan - Sulut. Waduk Ladongi-Sulawesi Tenggara. Waduk Ciawi - Jawa Barat. Waduk Sukamah i- Jawa Barat. Waduk Leuwikeris - Jawa Barat. Waduk Cipanas - Jawa Barat.

37. Presiden Jokowi Ground Breaking Pembangunan MPP di Kab.Bangka untuk pembangkit Listrik dgn daya 350 MW guna kebutuhan Regional Sumatera – Yaitu : Bangka - Belitung - Lampung - Nias - Duri Riau - Medan. Tanggal 01-06-2016.

38. Presiden Jokowi meresmikan PLTMG Arun dgn daya listrik 184 MW untuk kebutuhan warga Lhokseumawe. Tanggal 02-06-16.

39. Presiden Jokowi Ground Breaking Pembangunan Mobile PP 4×25 MW di Kab.Mempawah. Kalbar Tgl.02-06-16.

40. Melalui video konferensi Presiden Jokowi meresmikan beroperasinya PLTU Ketapang dgn daya 20 MW. Tanggal.02-06-16.

41. Presiden Jokowi meresmikan beroperasinya PLTG Paguat Pohuwato di Gorontalo dgn daya 100 MW. Tanggal :03-06-16.

42. Presiden Jokowi ground breaking pembangunan PLTU unit IV Lontar di Kronjo Banten dgn daya 1×315 MW. Tanggal 10-06-16.

43. Presiden Jokowi meresmikan pembangunan MPP Jeranjang PLTG berdaya 2×25 MW di Gerung Lombok Barat NTB. Tanggal 11-06-16.

44. Jokowi menambah Terminal 3 Bandara Soetta Ultimate International yg bisa angkut penumpang 25 juta orang mengungguli Bandara Changi Singapore.

45. Setelah Indonesia merdeka 71 thn baru di era Jokowi warga perbatasan di Krayan Nunukan bisa beli Solar Pertamina dgn subsidi khusus seharga Rp.5.150,- per liter.

46. Warga Sungai Mandau, Kab.Siak selama 71 tahun baru saat ini menikmati aliran Listrik.

47. Warga Kab. Puncak Jaya Papua selama 71 tahun di era Jokowi ini dibangun SPBU pertama dgn harga Premium yg semula Rp.50 ribu, bisa turun ke Rp.6.500 per Liter.

#BeraniNyinyir ?
Coba mikir, "Nikmat apa lagi yg hendak kau dustakan ?
Ini baru 4 tahun, bayangkan jika 10 tahun, - Singapura lewat !!

Bersama Presiden Joko Widodo ✌🇮🇩 teruskan & viralkan jika kamu peduli akan kemajuan untk anak cucu.
#Bravo
Sumber: http://mobile.seruu.com/utama/sketsaindonesia/artikel/siapa-raja-hutang-sesungguhnya

Renungan khotbah Kristen
ARTIKEL RENUNGAN MOTIVASI Updated at:

SELAMAT DARI KECELAKAAN LION AIR

SELALU SEBUT NAMA TUHAN, Laura Lazarus Selamat dari Kecelakaan Lion Air.
PERISTIWA Kecelakaan Pesawat Lion Air JT 610 pada Senin, 29 Oktober 2018 sungguh merupakan peristiwa yang memprihatinkan. Ternyata dibalik peristiwa ini tentu ada refleksi bersama bagi kita.
Seperti kesaksian menarik salah satu mantan pramugari Lion Air.

Beberapa hari belakangan namanya menjadi viral. Ia adalah Laura Lazarus.

Ia bukan korban Lion Air JT 610. Tapi, salah satu korban kecelakaan pesawat Lion Air di bandar udara Adi Sumarmo, Solo pada 30 November 2004 yang lalu.

Laura Lazarus, menjadi viral usai dirinya menceritakan upayanya selamat dari kecelakaan tersebut.

Dirinya bahkan dua kali mengalami kecelakaan bersama pesawat Lion Air.

Kecelakaan di bandar udara Adi Sumarmo Solo adalah yang kedua kali dialami Laura.

Peristiwa pertama terjadi di Palembang pada Juli 2004. Pada saat itu, pesawat keluar dari landasan pacu dan roda depan terbenam di lumpur.

Pesawat yang sama dengan nomor seri yang sama juga yang ia tumpangi saat mengalami kecelakaan di Solo, November 2004.

Dalam kecelakaan kedua ia mengalami luka parah.

"Sebagian muka saya hancur dan tulang pipi saya remuk," katanya.

Laura pun harus menjalani lebih dari 19 kali operasi untuk memulihkan kondisinya seperti semula.

"Saat itu tangan saya copot, pinggang patah, kaki patah, betis hilang setengah bagian," lanjutnya.

Ia mengatakan, kendati sudah beberapa kali dioperasi, namun tak mengembalikan bentuk tubuhnya seperti semula.

Pengalaman Laura Lazarus sungguh bikin haru.

Kendati demikian, ia mengatakan tetap bersyukur karena Tuhan masih mencintainya.

Ungkapan syukur itu ia pernah ceritakan  saat memberikan kesaksiannya saat peluncuran buku "The New Unbroken Wings" di Ruang Perpustakaan MPR RI, Jakarta, Kamis 28 Agustus 2014 yang lalu.

Pada saat itu Laura menceritakan, ia pernah dikumpulkan bersama jenazah, Korban musibah pesawat Lion Air di bandara Adi Sumarmo, Solo 30 November 2004.

"Saat itu cuaca memang tidak baik. Penerbangan kami kali ini disertai dengan goncangan-goncangan kecil, hujan dan suara petir juga terhalang awan-awan tebal,” katanya mengisahkan dengan menetes air mata.

“Ada bunyi keras sekali. Disertai dengan goncangan sangat keras. Ini mengagetkan semua penumpang dalam pesawat. Semua berteriak histeris. Suasana menjadi gelap dan barang-barang berhamburan kemana-mana.”

“Sementara terjadi goncangan itu, saya sempat berteriak. Tuhan, tolong aku. Ada apa ini, Tuhan? Apapun yang terjadi, tolong aku, Tuhan,” ujar dia.

Rintihannya sayup-sayup terdengar. Mengagetkan petugas yang merapikan korban tewas.

Dalam kejadian itu Laura terus menyebut nama Tuhan.

"Tuhan saya ingin pulang." Ia pun langsung terbangun diantara tumpukan para korban yang dikira sudah meninggal oleh para tim penyelamat.

Setelah itu, kata dia, dirinya tidak tahu apa yang terjadi sampai akhirnya ada seorang bapak yang menemukan Laura di tumpukan para korban kecelakaan lainnya yang telah meninggal.

“Kondisiku saat itu sangat mengenaskan. Orang-orang mendugaku sebagai korban pramugari lain yang meninggal. Saya pun dilarikan ke rumah sakit dan sempat koma selama 8 hari. Akhirnya aku dibawa ke Singapura untuk mendapatkan operasi dan perawatan intensif karena luka serius di wajah dan kaki,” ungkap dia.

Ia mendatangi beberapa dokter, namun semuanya mengatakan sulit untuk disembuhkan.

Alasannya karena tulang kakinya mengalami pembusukan dan bernanah.

“Jalan satu-satunya menurut mereka (dokter) adalah kakiku harus diamputasi,” katanya.

Mendengar hal itu,Ibu nya terus membangkitkan Imannya kepada Tuhan bahwa Tuhanlah tempat kami bersandar.

“Supaya aku tidak menjadi lumpuh karena tidak ada kaki lagi. Tuhan menjawab doa kami. Kakiku berhasil sembuh tanpa harus diamputasi,” ujarnya.

Kejadian itu menjadi kesaksian Laura untuk dijadikan buku yang menurutnya dapat membangun iman para pembaca bahwa Tuhan tidak pernah tidur.

Klik Artikel Renungan Kristen Lainnya

Renungan khotbah Kristen
ARTIKEL RENUNGAN MOTIVASI Updated at:

10.11.18

ATURAN BARU PEMERINTAH ATASI KURANGNYA CPNS YANG LULUS

Pemerintah akan Membuat Aturan baru, mengatasi kurangnya CPNS yang lulus seleksi ujian tahun ini.
Pemeerintah disebut akan menyiapkan beleid baru berbentuk Peraturan Menteri PAN-RB (Permenpan) dalam waktu dekat. Aturan itu untuk mengatasi masalah kurangnya jumlah peserta yang lulus tes CPNS 2018 dalam tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan mengungkapkan tingkat kelulusan peserta secara nasional dalam tahap SKD baru 3%. Padahal, pemerintah membutuhkan 238.015 formasi baru untuk CPNS tahun ini.

Untuk menutupi kebutuhan mengisi formasi tersebut, pemerintah berencana membuat Permenpan yang baru. Namun, Ridwan tak merinci akan seperti apa isi dari Permenpan tersebut.

"Nanti akan ada mungkin Permenpan baru, tapi saya nggak tahu (seperti apa isinya)" kata Ridwan saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Sabtu (10/11/2018).

Data BKN: Peserta yang Lulus Tes CPNS Baru 3%

Walau tak mengetahui secara rinci akan seperti apa isi dari Permenpan itu nantinya, namun pihak BKN sebagai pelaksana seleksi CPNS berharap agar aturan itu bisa segera keluar secepatnya.

"Yang jelas BKN minta maksimal minggu depan itu (Permenpan) sudah selesai, karena prosesnya kan terus berjalan," jelasnya.

Ridwan mengatakan, bahwa penerbitan Permenpan baru ini menjadi solusi yang dihasilkan dari rapat yang digelar oleh tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2018 bersama dengan stakeholder lainnya.

"Hari Selasa atau Rabu lalu kana ada rapat Panselnas yang saya ikut juga. Di situ dimasukkan dari semua stakeholder BSSN, Kemendikbud, Kemenristekdikti, KemenPAN-RB, BKN, Ombudsman itu semua ditampung lah. Ditampung untuk skenario memang sudah disusun bagaimana kemungkinannya," tuturnya.

Sumber: https://m.detik.com/finance/lowongan-kerja/d-4296259/kelulusan-tes-cpns-baru

Klik Artikel Renungan Kristen Lainnya

Renungan khotbah Kristen
ARTIKEL RENUNGAN MOTIVASI Updated at:

9.11.18

PARTITURE LAGU NATAL TERBARU

GERBANG DARI SORGA T'LAH TERBUKA
 HALAMAN-01
 HALAMAN-02
HALAMAN-03

SYAIR:
LAMA KURINDUKAN,
TANGISMU GANTIKAN KU,
DARI SORGA, TERCURAH BAGI SLURUH MANUSIA,
DALAM PALUNGAN TERDENGAR TANGISMU
===>Berlanjut Sesuai Partitur😊😊😊✔
LATIHAN Paduan Suara

Renungan khotbah Kristen
ARTIKEL RENUNGAN MOTIVASI Updated at:

Lowongan Kerja 2018

Lowongan Kerja Siloam Hospital 2018
Posisi yang dibutuhkan:

A. Tenaga Medis

1. Radiografer
2. Perawat
3. Laboratory Analyst
4. Apoteker S1 Farmasi Kimia Biologi
5. Ambulance Driver
6. Kesehatan Masyarakat
7. Kebidanan
8. Ahli Gizi
9. Dokter (Semua Jurusan)

B. Tenaga Non Medis

1. HRD Staf Personalia
2. Finance & Accounting (Manager, Supervisor and Staff)
3. Corporate Accountant
4. Secretary to Director
5. Customer Service
6. Purchasing
7. Project Architect  Project Manager
8. Engineering - Site, Civil, ME, Architect

Persyaratan Umum

1. Warga Negara Indonesia
2. Pria /Wanita usia 18-35 tahun
3. Lulusan SMA-SEDERAJAT/D3/S1/S2
4. Sehat Jasmani Rohani
5. Bisa bekerja dengan TIM KELOMPOK
6. Bersedia ditempatkan di Seluruh wilayah Nusantara

Persyaratan Berkas  Dokumen:

1. Surat Lamaran
2. Daftar Riwayat Hidup (CV)
3. Kartu Identitas (KTP/SIM)
4. Ijazah Terakhir
5. Foto Ukuran 4x6 (Berwarna)
6. Email & No. Telp HP

Berkas lamaran dikirim paling lambat tanggal
 13 November 2018

Silahkan kirimkan ke email recruitsiloamhospitals@dr.com

NB: Pendaftaran untuk semua cabang Siloam Hospitals


Mohon bantu Share....!!!!!

Renungan khotbah Kristen
ARTIKEL RENUNGAN MOTIVASI Updated at:

 
back to top