4.7.18

SIAPA YESUS


Siapakah Tuhan Yesus?

NUMPANG NANYA...!!!

Jika JESUS adalah TUHAN;
Kira2 Apa posisi DAUD di SORGA...???

1. Apakah sebagai hamba TUHAN,  atau sebagai BAPA LELUHURnya TUHAN...???

Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Maha tinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,
(Lukas 1:32).

Seorang MANUSIA mempunyai kedudukan lebih TINGGI dr pada TUHAN dengan memiliki jabatan sebagai BAPAK LELUHURnya TUHAN...!!!

ADA YG MAU BANTAH...???
___________________________

Jawab:
PERLU Di Perhatikan:
💢POSISI TUHAN.
💢POSISI MESIAS (ISA).
💢POSISI DAUD.

     💢POSISI TUHAN💢
POSISI TUHAN adalah RAJA.

II Taw 16:31.
Biarlah langit bersukacita dan bumi bersorak-sorak, biarlah orang berkata di antara bangsa-bangsa: "TUHAN itu Raja!"
👉JELAS SEKALI DIKATAKAN bahwa TUHAN ITU RAJA.

Mzm 96:10.
Katakanlah di antara bangsa-bangsa: "TUHAN itu Raja!
👉TUHAN ITU RAJA (PENGUASA).
=>Sehingga DISEBUTKAN sebagai ADONAY.

Apakah Isa pernah mengklaim Dia Raja...???
👍YA.
Apa buktinya...???

Lukas 22:30.
bahwa kamu akan makan dan minum semeja dengan Aku di dalam Kerajaan-Ku.
👉AKU DI DALAM KERAJAAN-KU.
Artinya: ISA MEMILIKI KERAJAAN.

Dimanakah Kerajaan Isa...???

Yoh 18:36.
Jawab Yesus:
"KERAJAAN-KU BUKAN DARI DUNIA INI; Jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba Ku telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi Kerajaan-Ku bukan dari sini."

Jika kerajaan ISA bukan dari dunia ini...!!!
Truss dari mana...???

Why 3:21b.
sebagaimana Aku pun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.

Dengan kata lain;
Wahyu 3:21b ingin menjelaskan bahwa kerajaan-Nya adalah yang pasti dimaksudkan adalah: "Kerajaan Allah" (KERAJAAN SORGA).

Bahkan Isa berkata AKAN KEMBALI KE TEMPAT IA BERASAL.

Yoh 6:62.
Dan bagaimanakah, jikalau kamu melihat Anak Manusia naik ke tempat di mana Ia sebelumnya berada?

Yohanes 13:3.
Yesus tahu, bahwa Bapa-Nya telah MENYERAHKAN SEGALA SESUATU KEPADA-NYA dan bahwa IA DATANG DARI ALLAH dan KEMBALI KEPADA ALLAH.

Dimana sebelumnya ISA berada...???

Yohanes, 6:38.
Sebab AKU (ISA) TELAH TURUN DARI SORGA....
Catatan:
👉IA DATANG DARI SORGA karna IA PEMILIK dan tinggal di SORGA.

Yohanes 8:42.
Kata Yesus kepada mereka:
"Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab AKU KELUAR DAN DATANG DARI ALLAH. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan DIA lah yang mengutus Aku.

👉AKU KELUAR (NUZUL) DARI ALLAH, BERARTI ISA itu INGKARNASI ke DUNIA".

Yohanes, 8:23.
Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, AKU DARI ATAS; kamu dari dunia ini, AKU BUKAN DARI DUNIA INI.
👉ISA DATANG DARI ATAS;
Atas Mana...???
👉DARI SURGA =>Yohanes, 6:38.

Yohanes, 3:31.
Siapa YANG DATANG DARI ATAS ADALAH DI ATAS SEMUANYA; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. SIAPA YANG DATANG DARI SORGA ADALAH DI ATAS SEMUANYA.

👉SIAPA YANG DATANG DARI SORGA ADALAH DI ATAS SEMUANYA.
Artinya; YESUSLAH TUHAN YANG BERKUASA ATAS SEMUANYA.
*ISA ADALAH ADONAY.
*ISA PENGUASA ATAS SEMUANYA.

Konfirmasi:
Yohanes, 12:45.
👉SIAPA MELIHAT AKU (ISA), MAKA IA MELIHAT DIA YANG MENGUTUS AKU (ISA).


💢POSISI MESIAS (ISA) DAN POSISI DAUD💢

👉HUBUNGAN MESIAS DAN DAUD

Hubungan Mesias dan Daud adalah hubungan yang Sudah di Nubuatkan oleh nabi2 sebelum MESIAS (ISA) lahir.

Dan..... NUBUATAN tentang Hubungam Daud dgn MESIAS terGENAPI.

Mari Lihat:⤵⤵⤵

Mesias Keturunan Daud yang di NUBUATKAN oleh nabi2 sebelumnya:

              Yesaya 11:1-16;
RAJA DAMAI AKAN DATANG.

11:1. Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah.

11:2. Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN;

11:3. ya, kesenangannya ialah takut akan TUHAN. Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang.

11:4. Tetapi ia akan menghakimi orang-orang lemah dengan keadilan, dan akan menjatuhkan keputusan terhadap orang-orang yang tertindas di negeri dengan kejujuran; ia akan menghajar bumi dengan perkataannya seperti dengan tongkat, dan dengan nafas mulutnya ia akan membunuh orang fasik.

11:5. Ia tidak akan menyimpang dari kebenaran dan kesetiaan, seperti ikat pinggang tetap terikat pada pinggang.

11:6. Serigala akan tinggal bersama domba dan macan tutul akan berbaring di samping kambing. Anak lembu dan anak singa akan makan rumput bersama-sama, dan seorang anak kecil akan menggiringnya.

11:7. Lembu dan beruang akan sama-sama makan rumput dan anaknya akan sama-sama berbaring, sedang singa akan makan jerami seperti lembu.

11:8. Anak yang menyusu akan bermain-main dekat liang ular tedung dan anak yang cerai susu akan mengulurkan tangannya ke sarang ular beludak.

11:9. Tidak ada yang akan berbuat jahat atau yang berlaku busuk di seluruh gunung-Ku yang kudus, sebab seluruh bumi penuh dengan pengenalan akan TUHAN, seperti air laut yang menutupi dasarnya.

11:10. Maka pada waktu itu taruk dari pangkal Isai akan berdiri sebagai panji-panji bagi bangsa-bangsa; dia akan dicari oleh suku-suku bangsa dan tempat kediamannya akan menjadi mulia.

11:11. Pada waktu itu Tuhan akan mengangkat pula tangan-Nya untuk menebus sisa-sisa umat-Nya yang tertinggal di Asyur dan di Mesir, di Patros, di Etiopia dan di Elam, di Sinear, di Hamat dan di pulau-pulau di laut.

11:12. Ia akan menaikkan suatu panji-panji bagi bangsa-bangsa, akan mengumpulkan orang-orang Israel yang terbuang, dan akan menghimpunkan orang-orang Yehuda yang terserak dari keempat penjuru bumi.

11:13. Kecemburuan Efraim akan berlalu, dan yang menyesakkan Yehuda akan lenyap. Efraim tidak akan cemburu lagi kepada Yehuda, dan Yehuda tidak akan menyesakkan Efraim lagi.

11:14. Tetapi mereka akan terbang ke barat, ke atas lereng gunung Filistin, bersama-sama mereka akan menjarah bani Timur; mereka akan merampas Edom dan Moab, dan orang Amon akan patuh kepada mereka.

11:15. TUHAN akan mengeringkan teluk Mesir dengan nafas-Nya yang menghanguskan, serta mengacungkan tangan-Nya terhadap sungai Efrat dan memukulnya pecah menjadi tujuh batang air, sehingga orang dapat melaluinya dengan berkasut.

11:16. Maka akan ada jalan raya bagi sisa-sisa umat-Nya yang tertinggal di Asyur, seperti yang telah ada untuk Israel dahulu, pada waktu mereka keluar dari tanah Mesir.
Catatan: Isai Adalah Ayah dari Daud.

Yeremia 23:5-8
23:5. Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan menumbuhkan TUNAS ADIL BAGI DAUD. Ia akan memerintah sebagai RAJA yang bijaksana dan akan melakukan keadilan dan kebenaran di negeri.

23:6. Dalam zamannya Yehuda akan dibebaskan, dan Israel akan hidup dengan tenteram; dan inilah namanya yang diberikan orang kepadanya: TUHAN--keadilan kita.

23:7. Sebab itu, demikianlah firman TUHAN, sesungguhnya, waktunya akan datang, bahwa orang tidak lagi mengatakan: Demi TUHAN yang hidup yang menuntun orang Israel keluar dari tanah Mesir!,

23:8. melainkan: Demi TUHAN yang hidup yang menuntun dan membawa pulang keturunan kaum Israel keluar dari tanah utara dan dari segala negeri ke mana Ia telah mencerai beraikan mereka! maka mereka akan tinggal di tanahnya sendiri."

👉Mesias Lahir Dari Suku Yehuda.

Kejadian, 49:10
Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda atau pun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa.

👉TONGKAT KERAJAAN TIDAK BERANJAK;
Artinya:
TONGKAT KERAJAAN HARUS DIPEGANG OLEH TUHAN YANG ADALAH MEMANG RAJA ATAS JAGAD RAYA.
Yehuda adalah anak dari Yakub bin Ishak bin Abraham (dari ibu yang bernama Sara).

Mazmur, 110 : 1.
Mazmur Daud. Demikianlah firman TUHAN kepada tuanku: "Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu."

The LORD said unto my Lord, Sit thou at my right hand, until I make thine enemies thy footstool.

לְדָוִד מִזְמֹור נְאֻם יְהוָה  לַֽאדֹנִי שֵׁב לִֽימִינִי עַד־אָשִׁית אֹיְבֶיךָ הֲדֹם לְרַגְלֶֽיךָ׃

LEDAVID MIZMOR NE'UM YEHOVAH LE'ADONI SYEV LIMINI 'AD-'ASYIT OIVEIKHA HADOM LERAGLEIKHA

Mazmur 110 :1. Ini merupakan sebuah nubuat tentang Mesias, sehingga Daud sendiri menyebutnya sebagai "ADONAI/Tuanku".
Suatu hal yang cukup menarik dimana paham Yudaisme tahu bahwa Mesias akan datang dari dinasty Daud, Daud yang menjadi kakek-moyangnya ini menyebut Sang Mesias sebagai "ADONAY".

Menghubungkan Mazmur 110 dengan Mesias tidak hanya tradisi Kristen, tetapi sudah diawali lebih dulu oleh tulisan-tulisan para rabbi (ulama Yahudi) sebelum zaman Yesus atau pun zaman sesudahnya.

Misalnya;
Ungkapan Rabbi Yodan yang mengajar atas nama rabbi Ahan bar Haninan, bahwa YHVH sendiri yang memanggil Mesias sebagai ADONAY dan akan menempatkan Mesias di sebelah kanan-Nya.

Tafsiran ini selain dijumpai Yalkut Shimoni (Tehilim 110), tercatat juga dalam Nedarim 32b dan Sanhedrin 108b.

Pemahaman Yahudi inilah yang melatarbelakangi khotbah Petrus dalam Kisah Para Rasul 2:36 bahwa Allah sendirilah yang telah menjadikan Yesus sebagai Tuhan dan Kristus. "Tuhan" di sini bukan dalam makna ilah selain Allah, melainkan sebagai rabbi (Penguasa) sesuai dengan pengharapan Yahudi.

Bagaimanakah sebenarnya makna gelar ADONAY bagi Mesias tersebut?

Tradisi Yahudi tidak berani mengeja Nama Diri Allah dalam bahasa Ibrani: YHVH (transiterasi: YEHOVAH).

Sebagai gantinya, mereka tetap membiarkan empat huruf suci itu dalam Taurat dengan membacanya HA-SHEM (Sang Nama) atau membacanya dengan ADONAY (Yunani: KURIOS ; Aram: MARA; Arab: RABB atau Inggris: LORD).

MATIUS, 22:43.
Kata-Nya kepada mereka: "Jika demikian, bagaimanakah Daud oleh pimpinan Roh dapat menyebut Dia Tuannya, ketika ia berkata:

22:44. Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu.

22:45. Jadi jika Daud menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?"

Catatan:
👉Mesias di satu pihak dinubuatkan    sebagai keturunan dari Daud.
👉Namun dipihak lain, Daud sendiri menyebut keturunannya itu "Tuanku".

Mengapa...???
Daud paham bahwa; Dari Ibrahim - Ishak - Yakub - Yehuda - dan seterusnya hingga Daud ...!!!! adalah suatu garis keturunan yang Mendapatkan PERJANJIAN Khusus dimana dari keturunan itu, telah DIPILIH oleh ALLAH untuk menghadirkan SANG MESIAS (ISA) TUHAN yang POSISI-Nya adalah RAJA SORGA dan TUHAN PENYELAMAT dunia.

Mazmur 110:1.
Sang Mesias itu kedudukannya lebih tinggi dari pada Daud, sehingga sebutan "Anak Daud" bukanlah sebutan yang layak untuk Mesias.

Jadi jelas lah bahwa POSISI DAUD LEBIH RENDAH dari MESIAS karna MESIAS disebutkan sebagai TUHAN, RAJA, dan PENYELAMAT.

PERTANYAAN...???

Daud menyebut DIA (Yesus) sebagai Tuannya, bagaimana mungkin...??? SEMENTARA Ia (Yesus) adalah keturunannya (Daud) pula?

JAWAB :
Jangankan Daud, Yesus Kristus justru sudah ada sebelum Abraham ada.

Yohanes, 8:58.
Kata Yesus kepada mereka: 'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.'

Renungan khotbah Kristen
ARTIKEL RENUNGAN MOTIVASI Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

 
back to top